Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Modelling)

Nabilah, Saffanah (2024) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Modelling). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NABILAH SAFFANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu kemampuan yang sangat perlu dimiliki oleh peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah matematis pada pemebalajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan dimana peserta didik dapat memahami suatu masalah kemudian dengan memahami masalah peserta didik membuat rencana pada penyelesaian masalahnya, mencoba menyelesaikan masalah sesuai rencana yang dibuat dan tidak lupa memeriksa kembali hasil yang diperoleh dari penyelesaian masalahnya. Peserta didik yang memiliki kemampuan tersebut dapat mengetahui sejauh mana pemahamannya dalam menyelesaikan suatu masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar serta dampaknya pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan analisis structural equation modelling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi (penjelasan) dengan menggunakan desain penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dengan teknik sampling Probability Sampling berupa Proportionate random sampling. Materi yang digunakan yaitu sistem persamaan dua variabel. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket motivasi belajar dan kemandirian belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analysis structural equation modelling. Hasil penelitian ini diperoleh hubungan langsung antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang signifikan secara statistik. Terdapat hubungan langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang signifikan secara statistik. Dan terdapat hubungan tak langsung antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah yang dimediasi oleh kemandirian belajar yang signifikan secara statistik. Kata kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis iv ABSTRACT Mathematical problem solving ability is an ability that students truly need to possess in order to solve mathematical problems. Problem-solving ability is the capacity of students to comprehend a problem, formulate a plan of action to address it, attempt to address it in accordance with the plan, and ensure the accuracy of the final results. This ability allows students to figure out the depth of their knowledge when working through a mathematical problem. This research aims to determine the relationship between learning motivation and learning independence as well as how it affects students' ability to solve mathematical problems using structural equation modeling analysis. This kind of research used a correlational research design and was based on the explanation level. In this research, class VIII students served as the sample using probability sampling, and one of the probability sampling used was proportionate random sampling. The material used was a two-variable equation system. Tests of mathematical problem solving skills and surveys on learning motivation and learning independence were the instruments used. Furthermore, hypothesis testing used structural equation modeling analysis. This study's findings showed a statistically significant correlation between learning motivation and mathematical problem�solving abilities. Learning independence has a statistically significant direct correlation with the ability to solve mathematical problems. In addition, learning independence mediates a statistically significant indirect relationship between learning motivation and problem solving skills. Keywords:Learning Motivation, Learning Independence, Mathematical Problem Solving Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:45
Last Modified: 24 Jul 2024 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34092

Actions (login required)

View Item View Item