STRATEGI MENGEMBANGKAN MORAL AGAMA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA OKU SELATAN

Yuli, Wahyu Ningsih (2024) STRATEGI MENGEMBANGKAN MORAL AGAMA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YULI WAHYU NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan moral dan spiritual perlu dikenalkan pada anak usia dini sebagai pembentukan generasi yang kokoh secara spiritual dan santun dalam hal moral. Sejatinya setiap manusia sejak lahir membawa kecerdasan moral dan spiritual. Kecerdasan moral sebagai kemampuan manusia memahami sesuatu yang benar dansalah dengan etika yang kuat dalam ucapan dan tindakan namun perlu dikembangkan pada anak-anak. Pengembangan moral agama di TK Negeri Pembina Oku Selatan dinilai sudah baik dan dapat menjadi percontohan untuk TK/RA di daerah Oku Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam mengembangkan moral keagamaan di TK Negeri Pembina Oku Selatan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Oku Selatan dengan jumlah siswa yakni 16 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian didapat bahwa strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai moral agama anak yakni menggunakan stategi bermain, karya wisata, bercerita, uswah hasanah, bernyanyi/bersyair, pembiasan, outbond, diskusi, keteladanan, nasehat dan pemberian hadiah. Adapun pengembangan moral agama yang telah ditanamkan disana yakni tentang sikap dan prilaku, kerja sama, anti/ bergiliran, disiplin, kejujuran, tanggung jawab, beribadah, dan mengenal nama-nama Allah SWT. Strategi yang diterapkan dinilai sangat efektif jika diterapkan terhadap anak usia dini. Hal itu dikarenakan anak usia dini memiliki rekaman ingatan yang kuat dan kondisi kepribadian yang belum matang, sehingga mereka mudah diatur dengan berbagai kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari. Kata kunci: Strategi, Moral agama, Anak Usia Dini iv ABSTRACT Moral and spiritual education needs to be introduced to early childhood as the formation of a generation that is spiritually strong and morally polite. Indeed, every human being is born with moral and spiritual intelligence. Moral intelligence as the ability of humans to understand something right and wrong with strong ethics in speech and action but needs to be developed in children. The development of religious morals at TK Negeri Pembina Oku Selatan is considered good and can be a model for TK/RA in the South Oku area. This research aims to find out the strategies in developing religious morals at TK Negeri Pembina South Oku. The type of data used in this research is qualitative data with descriptive research. Descriptive is a problem formulation that guides research to explore or portray the social situation to be studied thoroughly, broadly and deeply. This research was conducted at TK Negeri Pembina Oku Selatan with 16 students. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. Data analysis through data reduction, data presentation, conclusion drawing or verification. The results of the study found that the strategies used by teachers in instilling children's religious moral values are using play strategies, tourism, storytelling, uswah hasanah, singing/poetry, habituation, outbound, discussion, exemplary, advice and gift giving. The cultivation of religious morals that have been instilled there are about attitudes and behavior, cooperation, anti/turning, discipline, honesty, responsibility, worship, and knowing the names of Allah SWT. The strategy applied is considered very effective if applied to early childhood. This is because early childhood has a strong memory record and immature personality conditions, so they are easy to manage with various habits that they do every day. Keywords: Strategy, religious morals, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:29
Last Modified: 23 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item