PENERAPAN ECOPRINT DENGAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SRI TANJUNG LAMPUNG UTARA

ZULAIHA, Kaman Jaya (2024) PENERAPAN ECOPRINT DENGAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SRI TANJUNG LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_ZULAIHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul ―Penerapan Ecoprint Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sri Tanjung Lampung Utara‖, penelitian ini dilatar belakangi kurang berkembangnya kemampuan kreativitas anak di TK Sri Tanjung yang dikarenakan masih terdapat sebagian anak yang kesulitan dalam mengembangkan ide ataupun gagasan nya dalam suatu kegiatan, kemudian rasa percaya diri anak masih terbilang kurang yang menyebabkan anak kesulitan dalam meyampaikan gagasannya dan pembelajaran yang monoton serta fasilitas penunjang perkembangan kreativitas anak yang masih kurang. Oleh karena itu peneliti mengajukan penelitian menggunakan penerapan ecoprint dengan bahan alam dalam proses pembelajaran yang memiliki dampak yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan kreativitas anak, sebab dengan menggunakan ecoprint dapat membuat anak berimajinasi, berkreasi, dan mengembangkan ide yang dimiliki. Berdasarkan latar belakang tersebut sehingga dapat dirumuskan apakah penerapan ecoprint dengan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sri tanjung Lampung Utara. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini menggunakan ecoprint dengan bahan alam di TK Sri Tanjung Lampung Utara. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model penelitian spiral oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini menggunakan anak pada TK Sri Tanjung Lampung Utara yang berjumlah 13 peserta didik. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapat bahwa pada siklus ke-I dari 13 anak yang menunjukkan berkembang sangat baik (BSB) terdapat 2 anak dengan hasil persentasi 15,38%, berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 3 anak dengan hasil persentasi 23,08%, anak yang mulai berkembang (MB) terdapat 5 anak dengan hasil persentasi 38,46%, dan anak yang belum berkembang (BB) terdapat 3 anak dengan hasil persentasi 23,08%. Pada siklus ke II dari 13 anak yang anak yang menunjukkan berkembang sangat baik (BSB) terdapat 11 anak dengan hasil iv persentasi 84,62%, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 2 anak dengan hasil persentasi 15,38%, anak yang mulai berkembang (MB) terdapat 0 anak atau tidak ada, dan anak yang belum berkembang (BB) terdapat 0 anak atau tidak ada. Sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu 75% dari seluruh peserta didik TK Sri Tanjung Lampng Utara. Hal ini disimpulkan bahwa dengan penerapan ecoprint dengan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Sri Tanjung Lampung Utara. Kata Kunci: Kreativitas Anak Usia Dini, Ecoprint v ABSTRACT The research entitled "Application of Ecoprint with Natural Materials to Improve the Creativity Ability of 5-6 Year Old Children in Sri Tanjung Kindergarten, North Lampung", this research is motivated by the lack of development of children's creativity abilities at Sri Tanjung Kindergarten which is because there are still some children who have difficulty in developing their ideas or ideas in an activity, then the child's self-confidence is still somewhat lacking which causes children to have difficulty in conveying their ideas and monotonous learning and facilities to support the development of children's creativity which is still lacking. Therefore, researchers proposed research using the application of ecoprint with natural materials in the learning process which has a very important impact in improving children's creativity abilities, because using ecoprint can make children imagine, create, and develop their ideas. Based on this background, it can be formulated whether the application of ecoprint with natural materials can improve the creativity skills of children aged 5-6 years at Sri Tanjung Kindergarten, North Lampung. The purpose of this study was to improve early childhood creativity using ecoprint with natural materials at Sri Tanjung Kindergarten, North Lampung. This type of research uses the method of classroom action research (PTK), using the spiral research model by Kemmis and Mc Taggart. This research consists of two cycles in which each cycle consists of four stages, namely, planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study used children at Sri Tanjung Kindergarten, North Lampung, totaling 13 students. The data collection tools used were observation, interviews, and documentation. The results showed that in the first cycle of 13 children who showed very good development (BSB) there were 2 children with a percentage of 15.38%, developing as expected (BSH) there were 3 children with a percentage of 23.08%, children who began to develop (MB) there were 5 children with a percentage of 38.46%, and children who had not developed (BB) there were 3 children with a percentage of 23.08%. In cycle II of 13 children who showed very good development (BSB) there were 11 children with a percentage of 84.62%, children who developed as expected (BSH) there were 2 children with a percentage of 15.38%, children who began to develop vi (MB) there were 0 children or none, and children who had not developed (BB) there were 0 children or none. So that it has reached the predetermined success indicator of 75% of all Sri Tanjung Lampng North Kindergarten students. It is concluded that the application of ecoprint with natural materials can increase the creativity of children aged 5-6 years at Sri Tanjung Kindergarten, North Lampung. Keywords: Early Childhood Creativity, Ecoprint

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:14
Last Modified: 23 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item View Item