PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM LAMPUNG BARAT DALAM PEMENUHAN HAK POLITIK PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Di Komisi Pemilihan Umum Lampung Barat)

PUTRI, HERMALIA (2024) PERANAN KOMISI PEMILIHAN UMUM LAMPUNG BARAT DALAM PEMENUHAN HAK POLITIK PENYANDANG DISABILITAS PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Di Komisi Pemilihan Umum Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Putri hermalia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penyandang disabilitas adalah seseorang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik dengan jangka waktu yang Panjang yang berkaitan dengan lingkungan dan dapat menyebabkan hambatan dalam melakukan kegiatan tertentu dan kesulitan untuk berpartisipasi dalam Masyaraka. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Barat berperan penting dalam pemenuhan hak politik penyandang disabilita. Permasalahan dalam pemenuhan hak politik disabilitas ini seperti, keterbatasan aksesibilitas yang menyebabkan penyandang disabiltitas kesulitan dalam mengikuti pemilihan umum maupun menyalurkakn aspirasi politik lainnya, masih banyak penyandang disabilitas yang haknya belum terpenuhi. Rumusan yang dapat diambil dari latar belakang tersebut adalah peranan komisi pemilihan umum Kabupaten Lampung Barat dalam pemenuhan hak politik penyandang disabilitas dan bagaimana peranan komisi pemilihan umum kabupaten lampung dalam pemenuhan hak politik penyandang disabilitas perspektif siyasah tanfidziyah.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan secara intensif dan terperinci terhadap suatu objek yang diinginkan dengan mempelajari berbagai data penguat atau pendukung suatu kasus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan komisi pemilihan umum Kabupaten Lampung Barat dalam pemenuhan hak politik penyandang disabilitas dalam memenuhi hak politik penyandang disabilitas, seperti kemudahan dalam mengikuti pemilihan umum pada tahnun 2024. KPU Lampung Barat menyediakan aksesibilitas sesuai dengan jenis penyandang disabilitas, untuk penyandang disabilitas fisik pihak KPU memberikan bantuan berupa kursi roda dan memberikan kemudahan dalam mengikuti pemilihan umum seperti mendatangi rumah para penyandang disabilitas, untuk penyandang disabilitas intelekutal pihak KPU berperan untuk membantu dan mengarahkan pada saat mereka mengikuti pemilihan, untuk penyandang disabilitas wicara KPU menyediakan ahli bahasa, tetapi di lapangan ahli Bahasa belum tersedia dan untuk penyandang disabilitas mental KPU berperan dalam memnuhi hak politiknya, akan tetapi hak politik penyandang disabilitas mental belum terpenuhi, karena terdapat kendala dalam memenuhinya. Peranan Komisi Pemilihan Umum Lampung Barat dalam Pemenuhan hak politik penyandang disabilitas oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Barat sudah sejalan dengan Fiqh Siya>sa>h} Ta>nfidz}iya>h} dimana Komisi Pemilihan Umum sudah menjalankan dan memenuhi hak politik penyandang disabilitas. Berdasarkan Fiqh Siya>sa>h} Ta>nfidz}iya>h} yang mana Fiqh Siyasah Tanfidziyah sebagai pelaksanaan peraturan perundang�undangan, namun masih terdapat kendala dan hambatan dalam memenuhi semua hak politik penyandang disabilitas. Kata Kunci: Penyandang Disabilitas, Komisi Pemilihan Umum Lampung Barat, Siyasah Tanfidziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:00
Last Modified: 23 Jul 2024 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34071

Actions (login required)

View Item View Item