TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 76 C UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu)

LIYANA, JUWITA (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 76 C UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK (Studi di Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS (3).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perlindungan anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Setiap anak berhak mendapat kesempatan yang seluas luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental dan sosial dan keadilan untuk mendapatkan bantuan dalam rana hukum karena masih banyak hukuman yang belum sesuai dengan yang seharusnya. Peran melindungi anak bukan hanya dilakukan oleh orang tua saja namun juga oleh masyarakat dan pemerintah dimana mereka juga memiliki peran untuk melindungi, menjaga dan memberikan hak-hak anak. Sebagaimana salah satu upaya pemerintah dalam melindungi anak terdapat dalam pasal 76c undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Permasalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi pasal 76c undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di dinas sosial kabupaten Pringsewu. 2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pasal 76c undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di dinas sosial kabupaten Pringsewu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Bagaimana implementasi pasal 76c undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di dinas sosial kabupaten Pringsewu. 2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pasal 76c undang�undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di dinas sosial kabupaten Pringsewu. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif dengan penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk memberikan gambaran atau deskriptif suatu keadaan. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pasal 76c Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak di Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu sebanyak 20 kasus pada tahun 2023 sudah berjalan dengan cukup baik dengan adanya program perlindungan korban kekerasan dan pendampingan keluarga mendapatkan pelayanan inap, pemberian makanan, minuman dan kebutuhan hidup serta bantuan konsultasi hukum dari tim LK3 psikolog dan pekerja sosial. Dinas sosial kabupaten pringsewu juga pernah melakukan Program Goes To School yang dilakukan pada tahun 2021.Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pasal 76c Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak di Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu sesuai dengan Siyasah Tanfidziyyah hal ini dibuktikan dengan adanya program-program yang mendukung perlindungan terhadap anak. Dapat dikatakan bahwa dinas sosial kabupaten pringsewu sudah menjalankan tugasnya dengan benar sesuai dengan syariat islam bahwa anak-anak juga berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan mendapatkan perlindungan dan keadilan. Kata kunci : Implementasi, Fiqh Siyasah, Perlindungan Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:53
Last Modified: 23 Jul 2024 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34070

Actions (login required)

View Item View Item