PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG

Setiwati, Rika Ari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan pemahaman konsep biologi, ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik, dari model pembelajaran probing promting. Desain penelitian ini adalah kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh model pembelajaran probing promting dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran ekspositori, untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan penguasaan konsep biologi ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X SMAN 7 Bandar Lampung dengan sampel X.1 dan X.5 yang diambil dari teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan materi virus. Analisa dari perhitungan ANOVA diperoleh Fhitung>Ftabel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1). Kemampuan pemahaman konsep biologi peserta didik dengan pembelajaran probing promting lebih baik dibandingkan strategi ekspositori, 2). Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep biologi antara peserta didik yang memiliki kemandirian belajar biologi tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah pada kedua pembelajaran, dari ketiga kategori kemandirian belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar tinggi lebih baik dari kemandirian belajar sedang dan rendah, 3).tidak terdapat interaksi antara peserta didik yang mendapatkan pembelajaran Probing Promting dan strategi ekspositori baik dalam kategori kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Mar 2018 03:27
Last Modified: 23 Mar 2018 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item