ANALISIS PELAKSANAAN NILAI – NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH

YULIYA, CHAHAYA (2024) ANALISIS PELAKSANAAN NILAI – NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Yuliya Chahaya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PELAKSANAAN NILAI – NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH Oleh YULIYA CHAHAYA Sekolah merupakan tempat dimana anak belajar untuk memperoleh pengetahuan dan mengembangkan berbagai sikap, kemampuan, dan keterampilan. Oleh karena itu, salah satu tujuan pendidikan di sekolah adalah mengubah perilaku peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut, madrasah yang merupakan lembaga pendidikan berbasis sekolah islam dan yang kandungan nilai-nilai religius mempunyai porsi yang cukup besar, diharapkan mampu membentuk kepribadian dan mengembangkan karakter sekolahnya. Pada kenyataannya, terciptanya suasana religius di berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Untuk menjadikan sekolah menjadi tempat yang religius, semua pihak yang bertanggung jawab dan para orang tua harus bekerja sama untuk memastikan bahwa peserta didik mengembangkan sikap, kata-kata, dan tindakan yang didasarkan pada prinsip-prinsip agama dan membuat mereka selalu terhubung dengan Allah dalam setiap tindakan mereka. Aktivitas religius adalah semua jenis aktivitas yang dilakukan secara sadar, terencana, dan membesarkan hati yang bertujuan untuk menanamkan dan bahkan menyebarkan nilai-nilai keagamaan, seperti iman, ibadah, dan akhlak kepada peserta didik. Madrasah harus dapat menghasilkan peserta didik yang berprestasi dalam semua bidang, baik agama maupun akademik, karena madrasah berfungsi sebagai tempat untuk menerapkan prinsip-prinsip agama. Terlihat dari visi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Tengah : “Mewujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Tengah yang Berkualitas, Berdaya Saing, Islami, dan Berkarakter. Alasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahwa madrasah merupakan sekolah dibawah naungan Kementrian Agama sehingga dipastikan adanya pelaksanaan nilai-nilai religius menjadi pokok utama, karna madrasah mempunyai peran yang penting dalam melaksanakan nilai-nilai religius di sekolah. Mengingat betapa pentingnya adanya nilai-nilai religius dalam mewujudkan perilaku yang baik, serta untuk terwujudnya pribadi yang bertumpu pada pedoman agama dan perwujudan kecintaan kepada Allah Swt. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan nilai�nilai religius pada peserta didik di MTs Negeri 1 Lampung Tengah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penelitian ini melibatkan 4 guru dan 18 orang peserta didik. dalam arti lain penelitian terfokuskan pada fenomena-fenomena yang mendalam. Metode yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulas teknik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan Nilai-nilai Religius yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Lampung Tengah terhadap peserta didik dimulai dari nilai aqidah yakni terlaksana saat KBM, membaca al�qur‟an, berdoa sebelum pembelajaran, membaca yassin, sholat dhuha, sholat dzuhur, mabit (malambina iman taqwa), program tahfidz. Lalu segi nilai ibadah yakni sholat dhuha, sholat dzuhur, istighosah, infaq, pesantren kilat, membuang sampah pada tempatnya dan PHBI, lalu dari segi nilai akhlak yakni ada sholat bersama, menghormati antar sesama, santun berkata, penggalangan donasi, berbagi takjil dan itu termasuk pula dalam nilai religius nilai ketakwaan, nilai tawakal, nilai ikhlas, nilai Al-Ukhuwah dan nilai silaturahmi. Dari adanya proses pelaksanaan nilai- nilai religius pada peserta didik yang dilaksanakan akan memberikan gambaran bahwa nilai religius pada peserta didik di MTs Negeri 1 Lampung Tengah terlaksanakan. Kata kunci: Nilai religius, Akidah, Akhlak, Ibadah. iv ABSTRACT ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS VALUES ON STUDENTS AT MTS NEGERI 1 CENTRAL LAMPUNG By YULIYA CHAHAYA School is a place where children learn to acquire knowledge and develop various attitudes, abilities, and skills. Therefore, one of the goals of education in schools is to change the behavior of students. In this regard, madrasas, which are Islamic school-based educational institutions and whose religious values have a large portion, are expected to be able to form perso nalities and develop the character of their schools. In fact, the creation of a religious atmosphere in various areas of life, one of which is education. To make schools religious places, all responsible parties and parents must work together to ensure that learners develop attitudes, words, and actions that are based on religious principles and keep them connected to God in their every action. Religious activities are all types of activities that are carried out in a conscious, planned, and encouraging manner with the aim of instilling and even spreading religious values, such as faith, worship, and morals to students. Madrasah must be able to produce students who excel in all fields, both religious and academic, because madrasas function as a place to apply religious principles. It can be seen from the vision of Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Central Lampung: "Realizing Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Central Lampung that is Quality, Competitive, Islamic, and Characteristic. The reason used in this study is that the madrasah is a school under the auspices of the Ministry of Religion So that it is ensured that the implementation of religious values is the main subject, because madrasas have an important role in implementing religious values in schools. Considering how important religious values are in realizing good behavior, as well as for the realization of a person who relies on religious guidelines and the manifestation of love for Allah SWT. The purpose of this study is to find out how the process of implementing religious values in students at MTs Negeri 1 Lampung Tengah using a qualitative approach with the type of field research. This study involved 4 teachers and 18 students. In other words, research is focused on profound phenomena. The methods used are: observation, interview and documentation methods. Data analysis includes: data reduction, data presentation and drawing conclusions for the validity of the researcher's data using triangulation techniques. From the results of the study, it was found that the implementation of Religious Values carried out at MTs Negeri 1 Central Lampung for students started from the value of aqidah, namely carried out during KBM, reading the Qur'an, praying before learning, reading yassin, dhuha prayer, dzuhur prayer, mabit (night of faith taqwa), tahfidz program. Then in terms of the value of worship, namely dhuha prayer, dzuhur prayer, istighosah, infaq, flash pesantren, throwing garbage in its place and PHBI, then in terms of moral values, namely there is a joint prayer, respecting each other, polite said, donation collection, sharing takjil and it is also included in the religious values of piety, tawakal value, sincerity value, Al-Ukhuwah value and the value of friendship. From the process of implementing religious values in students that is carried out, it will give an overview that religious values in students at MTs Negeri 1 Central Lampung are implemented. Keywords: Religious values, Faith, Morals, Worship.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:26
Last Modified: 23 Jul 2024 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item