TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PEMBELIAN TABUNG LIQUIFIED PETROLEUM GAS (LPG) TANPA KARET PELINDUNG (Studi di Warung SRC Rafa Rafi Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus)

SITI, ZULAIHA (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PEMBELIAN TABUNG LIQUIFIED PETROLEUM GAS (LPG) TANPA KARET PELINDUNG (Studi di Warung SRC Rafa Rafi Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SITI ZULAIHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Perlindungan Konsumen Atas Pembelian Tabung Liquified Petroleun Gas (LPG) Tanpa Karet Pelindung (Studi di Warung SRC Rafa Rafi Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus). Dalam penelitian ini mengangkat sebuah permasalahan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen. Indonesia sebagai negara hukum yang menjunjung tinggi hukum sebagai landasan utama dalam menjalankan tujuan bernegara, tentunya aspek pemenuhan perlindungan hukum wajib diberikan kepada setiap warga negara, termasuk dalam hal memberikan perlindungan hukum bagi konsumen. Salah satu konsumen yang patut diberi perlindungan hukum adalah konsumen tabung liquefied petroleum gas (LPG). Salah satu bentuk kerugian yang diterima oleh konsumen LPG ialah ledakan dari tabung LPG yang sedang mereka gunakan saat memasak guna pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Semua ini dipicu oleh penggunan karet perapat yang tidak SNI. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah tentang perlindungan hukum dan tanggung jawab pelaku usaha terhadap barang yang diperjual belikan di SRC Rafa Rafi Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus? Bagaimana bentuk perlindungan konsumen dalam jual beli gas LPG tanpa karet pelindung di SRC Rafa Rafi Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus ?Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah tentang perlindungan konsumen dalam jual beli tabung gas LPG di SRC Rafa Rafi Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif analisis dengan memperoleh sumber data dari data primer dan sekunder. Kemudian yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu orang yang terkait dalam praktik jual beli tabung gas LPG ada 5 orang yang dimana pihak pertama sebagai pemilik pangkalan gas LPG dan 4 lainnya yaitu konsumen gas LPG. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa perlindungan konsumen pada pembelian tabung Gas LPG di Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, belum sempurna dan masih belum memenuhi hak-hak konsumen. Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat gas LPG adalah berdasarkan Undang�Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Yang mana perlindungan konsumen diperlukan untuk menciptakan rasa aman bagi konsumen dalam melengkapi kebutuhan hidup. Kebutuhan prlindungan konsumen juga harus bersifat tidak berat sebelah dan harus adil. Jadi warung atau toko yang menjual gas LPG harus bertanggung jawab penuh atas konsumen yang dirugikan. Bertanggungjawab atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen. Kata kunci: Perlindungan Konsumen, Tabung Gas LPG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:06
Last Modified: 23 Jul 2024 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item View Item