ANALISIS PASAL 9 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF MAṢLAḤAH AL MURSALAH (Studi di Unit pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

MUHAMMAD, FAJRY (2024) ANALISIS PASAL 9 AYAT (1) UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF MAṢLAḤAH AL MURSALAH (Studi di Unit pelaksana Teknis Dinas Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK M FAJRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga dalam pandangan Islam memiliki arti yang tidak kecil, bahkan Islam meletakan perhatian besar terhadap kehidupan keluarga dengan menanamkan kaidah-kaidah agama, agar dapat terhindar dari ketidakharmonisan dan kehancuran keluarga. Tetapi walaupun begitu setiap keluarga pasti tidak luput dari pertikaian maupun perselisihan, permasalahan tersebut juga terkadang timbul dari internal keluarga maupun eksternal keluarga. Penelitian ini adalah analisis pasal 9 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahunn 2004 Tentang larangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dilihat dari Persepektif Maṣlaḥah Al Mursalah, dalam hal ini orang tua lansia yang mnejadi korban kekerasan dalam rumah tangga, adapun rumusan masalah pada skripsi ini bagaimana analisis pasal 9 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang larangan Kekerasan Dalam Rumah Tangga studi di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha, Kecamatan natar Kabupaten Lampung Selatan, dan bagaiman Perspektif Maṣlaḥah Al Mursalah terhadap pasal 9 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tersebut? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami analisis pasal 9 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 dan untuk mengetahui dan memahami pandang Maṣlaḥah Al Mursalah terhadap pasal 9 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 di UPTD Pelayanan Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan . jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian difahami bahwa analisis pasal pasal 9 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang larangan kekerasan dalam rumah tangga yang, menyebabkan orang tua lansia tersebut menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga di UPTD Pelayanan Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, yaitu permasalahan ekonomi serta hubungan antar anggota keluarga yang tidak harmonis didalamnya, menyebabkan secara finansial, dan kurangnya komunikasi antar anggota keluarga, serta perhatian terhadap anggota keluarga terkhusus dalam hal ini orang tua lansia yang membutuhkan perhatian lebih malah diterlantarkan oleh anaknya sendiri. Kata kunci: Undang-Undang, Kekerasan rumah Tangga, Maṣlaḥah Al Mursalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:47
Last Modified: 23 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34043

Actions (login required)

View Item View Item