Syafiuddin, Muhammad
(2018)
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF
FILSAFAT PANCASILA
(Studi Pemikiran Bung Karno).
Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Fenomena sejak Pancasila dihapuskan sebagai asas tunggal untuk partai dan
organisasi massa (ormas) oleh kekuatan reformasi, Pancasila tidak terdengar lagi
gemanya. Ia seolah kehilangan kredibilitasnya sebagai ideologi, karena begitu banyak
penyelewengan yang mengatasnamakan Pancasila. Agama menjadi unsur mutlak
dalam rangka membangun karakter anak bangsa kedepan, agar menjadi lebih baik.
Pendidikan karakter adalah upaya menjawab masalah-masalah kemanusian yang
belakangan ini mulai berkembang (kemiskinan dan keterbelakangan, konflik dan
kekerasan unsur SARA, korupsi, tawuran dll).
Sementara pembentukan Karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan
nasional. Pada pasal 1 UU Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa diantara tujuan
pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki
kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Sehingga nantinya akan lahir generasi
bangsa yang tumbuh dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta
agama. Berpijak dari itulah peneliti ingin membahas kembali pemikiran tokoh
nasional Indonesia Bung Karno Tentang Pendidikan karakter dalam perspektif filsafat
Pancasila Sebagai Konsep Dasar Nation and Character Building.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjawab bagaimana Pemikiran Bung Karno
terkait pendidikan karakter di Indonesia (2) Untuk menjawab bagaimana Pendidikan
Karakter Bung Karno dan konsep yang melatar belakangi munculnya nation and
character building dalam perspektif filsafat Pancasila, serta untuk mengetahui
bagaimana Pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia senantiasa dapat dijadikan
inspirasi dan dasar berpijak setiap warga negara Indonesia dalam segala aktivitasnya.
Dari pokok permasalahan untuk mencapai tujuan tersebut.
Penelitian ini, menggunakan jenis metode penelitian Historis Faktual dengan
jenis “Library Reseach”. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi dalam rangka mencari sumber data yang menunjang dalam penelitian
ini. Kemudian dari dokumentasi tersebut dianalisis dengan menggunakan metode
content analisis dan interprestasi sumber dan data yang didapat, sehingga terdapat
kesinambungan historis, serta tinjauan filsafat secara ontologis, epistemologis, dan
axiologis.
Dengan demikian hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemikiran Bung Karno
tentang pendidikan karakter sebagai konsep dasar nation and character building.
Diperlukan usaha revitalisasi dan reaktualisasi Pancasila, agar bangsa Indonesia
mampu menghadapi perkembangan baru dengan suatu visi global yang berkearifan
lokal. Kita memperdalam pemahaman, penghayatan, dan kepercayaan atas keutamaan
nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila Pancasila, serta keterkaitan antar sila
secara integral, untuk kemudian mengamalkannya secara konsisten di segala lapis dan
bidang kehidupan publik.
Tentu semua bisa berjalan jika ditransformasikan ajaran-ajaran, nilai-nilai
filsafat Pancasila melewati sarana pendidikan. dalam membentuk tatanan masyarakat
yang berkebudayaan berlandaskan hati nurani dan berketuhanan yang maha Esa,
dengan tujuan membentuk masyarakat yang adil, makmur berkesejahteraan yang
didalamya saling gotong royong yaitu melalui, Pancasila, sebagai falsafah negara
Actions (login required)
 |
View Item |