PERAN GURU DALAM MENGKONTRUKSI LITERASI DIGITAL KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR

Nada, Putri Pertiwi (2024) PERAN GURU DALAM MENGKONTRUKSI LITERASI DIGITAL KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUSS.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran menggunakan literasi digital memang lebih menyenangkan peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih faham dengan apa yang di sampaikan oleh pendidik, dan dengan adanya kurikulum merdeka siswa harus jadi lebih aktif dan ambis dalam belajarnya dan pembelajaran menggunakan literasi digital itu lebih memudahkan pedidik dan peserta didik dalam belajarnya, akan tetapi penggunakaan literasi digital juga dapat membahayakan peserta didik dalam menggunakan literasi digital, tergantung peserta didiknya bagaimana cara dia dalam menggunakan, oleh karena itu peran guru pendidikan agama islam di sini adalah menasehati ataupun memberi motivasi kepada peserta didik supaya bijak dan baik dalam menggunakan digital khususnya pada saat jam pembelajaran di sekolah di mulai di SMA Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur dalam pembelajarannya boleh menggunakan smartphone tetapi dibatasi karena pendidik takut akan ada kehilangan atapun peserta didik itu tidak bijak dalam menggunakan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana cara guru pendidikan agama islam dalam melaksanakan konstruksi literasi digital di SMA Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur dan Untuk menganalisis peran guru dalam mengontruksi literasi digital pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Pada skripsi ini digunakan pendekatan deskrptif kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Dengan Lokasi penelitian ini berada di Sekolah SMA Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur, Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan pembalajaran menggunakan literasi digital digital di SMA Negeri 1 Sekampung Udik sudah di terapkan karena adanya kurikulum merdeka siswa harus aktif, ambis dan semangat dalam belajarnya, siswa senang ketika pembelajaran di SMA Negeri 1 Sekampung Udik sudah menggunakan literasi digital mereka jadi lebih nyambung dan lebih faham ketika pendidik menyampaikan materi pembelajaran, tetapi tidak terlepas dari pantauan bapak ibu guru ketika merka menggunakan smartphone dalam belajarnya, karena pendidik takut akan ada kehilangan dan disalahgunakan dalam penggunaan literasi digital, oleh karena itu penggunaan digital dalam belajar saat ini sangat di anjurkan oleh pemerintah, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Kata Kunci: Peran Guru, Literasi Digital. iv ABSTRACT Learning using digital literacy is indeed more enjoyable, students become more active and understand better what is conveyed by educators, and with the existence of an independent curriculum students must become more active and ambitious in their learning and learning using digital literacy makes it easier for teachers and students to learn. learning, however the use of digital literacy can also endanger students in using digital literacy, depending on the students how they use it, therefore the role of the Islamic religious education teacher here is to advise or motivate students to be wise and good in using it. digital, especially when learning hours at school start at SMA Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur in their learning, they are allowed to use smartphones but are limited because educators are afraid that there will be losses or that students are not wise in using smartphones. The aim of this research is to find out how Islamic religious education teachers carry out digital literacy construction at SMA Negeri 1 Sekampung Udik East Lampung and to analyze the role of teachers in constructing digital literacy in Islamic religious education subjects. In this thesis a qualitative descriptive approach is used. This research is a type of field research. The location of this research is at SMA Negeri 1 Sekampung Udik Lampung Timur, Lampung Province. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Test the validity of the data using triangulation of sources and techniques. The results of this research show that learning using digital literacy at SMA Negeri 1 Sekampung Udik has been implemented because of the independent curriculum, students must be active, ambitious and enthusiastic in their learning, students are happy when learning at SMA Negeri 1 Sekampung Udik has used digital literacy, so they more connected and more understanding when educators deliver learning material, but this cannot be separated from the monitoring of teachers when they use smartphones in their learning, because educators are afraid that there will be loss and misuse in the use of digital literacy, therefore the use of digital in learning is currently very popular recommended by the government, especially in Islamic religious education subjects. Kata Kunci: The Role Of Teachers, Just Digital Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:51
Last Modified: 22 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item