IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA AGUNG

Annisa, Sabrina (2024) IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANNISA SABRINA PBI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK SMP Negeri 1 Kota Agung, sudah menerapkan budaya literasi sebagai penambah wawasan peserta didik, hal tersebut juga tentunya didukung dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh pihak sekolah berupa buku-buku bacaaan yang cukup memadai dan disesuaikan dengan tingkatan kelas yaitu dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Penerapan literasi di SMP Negeri 1 Kota Agung dilakukan pada pagi hari. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembiasaan 15 menit sebelum memulai pembelajaran peserta didik diharuskan membaca buku bacaan yang disediakan oleh sekolah. Kegiatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menanamkan literasi di sekolah dalam hal ini di SMP Negeri 1 Kota Agung. Namun, tidak sedikit pula peserta didik yang masih sulit untuk diarahkan dan paham akan pentingnya literasi. Oleh karena itu, guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Kota Agung ini mencoba kembali meningkatkan minat baca peserta didik meskipun sekolah dengan sistem literasi informasi keislaman. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif lapangan (field research). Metode penelitian ini digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Literasi Informasi Keislaman Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kota Agung. Sumber data yang digunakan dibagi menjadi dua kelompok yaitu data utama (primer) dan data tambahan (sekunder). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan literasi informasi keislaman di SMPN 1 Kota Agung telah dilakukan dengan baik oleh guru pendidikan agama Islam. Perencanaan dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran (RPP) yang sebelumnya telah dilakukan rapat rutin oleh kepala sekolah dan guru-guru mata pelajaran. Didalam RPP terdapat langkah-langkah pembelajaran yang didalamnya terdapat kegiatan literasi informasi keislaman. 2) iii Pelaksanaan literasi agama Islam di SMPN 1 Kota Agung yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang berhubungan dengan keagamaan. Kegiatan-kegiatan literasi agama tersebut diaksankaan setiap hari dan seminggu sekali. 3) Evaluasi kegiatan literasi informasi keislaman di SMPN 1 Kota Agung sangat bagus, dengan kegiatan literasi informasi keislaman dapat dengan cepat membentuk perilaku siswa menjadi lebih baik, daripada kegiatan yang lainya. Kata Kunci: Literasi, Informasi Keislaman, Pendidikan Agama Islam iv ABSTRACT SMP Negeri 1 Kota Agung, has implemented a culture of literacy to increase students' insight, this is of course also supported by the facilities provided by the school in the form of reading books which are quite adequate and adapted to class levels, namely from class VII to class IX . The implementation of literacy at SMP Negeri 1 Kota Agung is carried out in the morning. This is proven by the fact that 15 minutes before starting learning, students are required to read reading books provided by the school. This activity is an effort made by the school to instill literacy in schools, in this case at SMP Negeri 1 Kota Agung. However, there are quite a few students who still find it difficult to direct and understand the importance of literacy. Therefore, the Islamic religious education teacher at SMP Negeri 1 Kota Agung is trying to increase students' reading interest even though the school has an Islamic information literacy system. The type of research used by researchers in this research is descriptive qualitative field research. This research method was used to determine and describe the implementation of Islamic Information Literacy in Class VIII Islamic Religious Education Learning at SMP Negeri 1 Kota Agung. The data sources used are divided into two groups, namely main (primary) data and additional (secondary) data. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results of the research show that 1) Islamic information literacy planning at SMPN 1 Kota Agung has been carried out well by Islamic religious education teachers. Planning is carried out by preparing learning tools (RPP) which have previously been held in regular meetings by the school principal and subject teachers. In the RPP there are learning steps which include Islamic information literacy activities. 2) Implementation of Islamic religious literacy at SMPN 1 Kota Agung, namely by carrying out familiarization activities related to religion. These religious literacy activities are carried out every day and once a week. 3) Evaluation of Islamic information literacy activities at SMPN 1 Kota Agung is very good, Islamic v information literacy activities can quickly shape student behavior to be better, compared to other activities.. Keywords: Literacy, Islamic Information Islamic, Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:02
Last Modified: 22 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item View Item