TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TERHADAP PERCERAIAN AKIBAT SUAMI KECANDUAN GAME ONLINE (Studi Putusan Nomor 1199/Pdt.G/2020/PA.Tnk Pengadilan Agama Tanjung Karang)

RIZKY, PRATAMA (2024) TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM TERHADAP PERCERAIAN AKIBAT SUAMI KECANDUAN GAME ONLINE (Studi Putusan Nomor 1199/Pdt.G/2020/PA.Tnk Pengadilan Agama Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKY PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perceraian merupakan salah satu ujian dalam kehidupan berumah tangga. Hal ini dapat dialami oleh siapa saja tanpa terkecuali. Syara menginginkan pernikahan terjalin kekal antara suami istri kecuali karena adanya suatu sebab yang tidak dapat dihindari. Game Online adalah jenis permainan yang memiliki berbagai macam bentuk. Salah satu game yang terkenal di zaman sekarang adalah Mobile Legend dan PUBG Mobile. Game ini memiliki rating pemakaian tertinggi di aplikasi Play Store maupun App Store. Karena banyak kalangan remaja maupun dewasa yang bakat yang timbul dari memainkan game ini. Ada dua persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: bagaimana putusan hakim terhadap perceraian akibat suami kecanduan game online sesuai putusan nomor 1199/Pdt.G/2020/PA.Tnk dan bagaimana tinjauan hukum keluarga islam terhadap Perceraian akibat suami kecanduan game online (Sesuai Putusan Nomor 1199/Pdt.G/2020/PA.Tnk. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana putusan hakim terhadap perceraian akibat suami kecanduan game online Sesuai Putusan Nomor 1199/Pdt.G/2020/Pa.Tnk. serta Untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum keluarga Islam terhadap perceraian akibat suami kecanduan game online Sesuai Putusan Nomor 1199/Pdt.G/2020/Pa.Tnk. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach). Penelitian kepustakaan adalah jenis dari penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menganalisis dan mengumpulkan sumber data untuk disajikan dan di olah dalam bentuk laporan kepustakaan. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagaimana pendekatan kualitatif. Ada dua sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Perkara yang diputus oleh majelis hakim Pengadilan Agama Tanjung Karang mengabulkan putusan yang didasarkan karena suami melakukan perjudian online sehingga menyebabkan pertengkaran dan ketidak harmonisan dalam rumah tangga. Pengadilan Agama Tanjung Karang mempertimbangkan dan melihat perbuatan suami yang sulit untuk disembuhkan sehingga tidak dimungkinkan adanya harapan untuk bisa hidup tentram dan rukun lagi antara suami dan isteri dalam suatu ikatan perkawinan. Dalam perspektif fiqh munakahat Hukumnya boleh, tetapi makruh seperti talak karena adanya pemutusan talak yang diperintahkan syara’. Khulu’ diperbolehkan jika ada sebab yang menuntut, seperti suami melakukan kekerasan dalam rumah tangga serta tidak memberikan nafkah terhadap sang isteri. Maka dari sebab itulah sering terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:26
Last Modified: 19 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item