TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAHAN KEBUN SINGKONG (Studi di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan)

ADELLA, ROSA (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAHAN KEBUN SINGKONG (Studi di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRPSI CETAK ADELA ROSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan muamalah sudah menjadi salah satu dari kebiasaan manusia. Salah satu yang menjadi interaksi muamalah yaitu sewa menyewa. Sewa menyewa lahan pertanian merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan masyarakat Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Pada praktiknya sewa menyewa lahan kebun singkong di Kampung Lembasung, bahwasanya penyewa bertemu secara langsung dengan pemilik lahan dengan melakukan perjanjian secara lisan atas dasar kepercayaan. Perjanjian di awal sewa menyewa lahan kebun singkong dalam pembayaran uang sewa tersebut dibayarkan setiap pertahun, namun dalam praktiknya perjanjian tersebut tidak sesuai dengan perjanjian awal. Pada tahun pertama pemilik lahan meminta uang sewa penuh di awal perjanjian, namun pada tahun kedua yang dimana sewa pertama belum berakhir pemilik lahan menagih uang sewa selanjutnya lebih cepat dari tempo waktu yang seharusnya dan pada akhirnya penyewa tetap membayar uang sewa tersebut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana praktik sewa menyewa lahan kebun singkong di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik sewa menyewa lahan kebun singkong di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diolah melalui proses editing dan sistemating. Sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik sewa menyewa lahan kebun singkong di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan telah sesuai dengan rukun dan syarat ijarah, karena dalam hal ini kesepakatan perjanjian antara kedua belah pihak tidak adanya unsur paksaan bahwa kedua belah pihak telah menyetujui perjanjian yang dibuat. Kemudian tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik sewa menyewa lahan kebun singkong di Kampung Lembasung Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan dalam pelaksanaan perjanjian penagihan pembayaran sewa menyewa telah sesuai dengan aturan perjanjian, dan tidak bertentangan dengan peraturan-peraturan yang ada. Karena dalam hal ini, apabila suatu perjanjian sudah dilaksanakan maka tercapailah tujuan dari kedua belah pihak dan hapuslah perjanjian itu, dengan membuat perjanjian baru sesuai kesepakatan masing-masing kedua belah pihak. Kata Kunci : Hukum Ekonomi Syari’ah, Perjanjian, Sewa Menyewa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:56
Last Modified: 19 Jul 2024 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item