PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS

TRILISA, ALDA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TRILISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan penelitian ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang bernuansa islami dan lingkungan pada materi koordinat kartesius. Pengembangan e-modul dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan produk, kemenarikan produk, dan keefektifan produk yang dirancang sebagai media pembelajaran untuk peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan peserta didik kelas VIII MTs yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kecil sebanyak 26 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 56 peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 3,56, selanjutnya hasil validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 3,50. Hasil validasi ahli agama pada e-modul ini mendapatkan nilai sebesar 3,50, adapun hasil implementasi pada kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 3,46 sementara pada kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 3,27. Uji efektivitas menggunakan effect size mendapatkan hasil sebesar 0,67 dengan kategori “sedang” Kata kunci: E-Modul, Realistic Mathematics Education, Islami, Lingkungan, Koordinat Kartesius iv ABSTRACT The research is aimed at developing learning media in the form of electronic modules based on Realistic Mathematics Education (RME) with Islamic and environmental nuances on Cartesian coordinate material. E-module development was carried out to determine the feasibility of the product, the attractiveness of the product, and the effectiveness of the product which was designed as a learning medium for students. This type of research uses Research and Development (R&D) with the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) development model. The research was carried out using class VIII MTs students who were grouped into two groups, namely a small group of 26 students and a large group of 56 students. The validation results by material experts got a value of 3.56, then the validation results from media experts got a value of 3.50. The validation results from religious experts on this e-module got a score of 3.50, while the implementation results in the small group got a result of 3.46 while the large group got a result of 3.27. The effectiveness test using effect size obtained a result of 0.67 in the "medium" category. Keywords: E-Module, Realistic Mathematics Education, Islamic, Environmental, Cartesian Coordinates

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:58
Last Modified: 18 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34002

Actions (login required)

View Item View Item