MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI SISWADI MA AL –MA’RUF MARGODADI SUMBEREJO TANGGAMUS

ADHISTI, IKA SAHANA (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI SISWADI MA AL –MA’RUF MARGODADI SUMBEREJO TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ADHISTI IKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen perpustakaan merupakan suatu proses pengelolaan dan pengoptimalan sumber daya manusia(pustakawan) dalam rangka mencapai tujuan perpustakaan yang didasarkan pada prinsip- prinsip organisasi perpustakaan dan teori-teori yang ada dalam perpustakaan. Tujuan perpustakaan sekolah adalah mengembangkan dan meningkatkan budaya literasi, literasi informasi, bakat dan kecerdasan ( intelektual, emosional dan spiritual) peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar. Kesadaran pentingnya manajemen dalam perpustakaan adalah sebuah hal yang sangat diperlukan. Perpustakaan yang terorganisir dengan sistem manajemen memiliki sebuah nilai tambah dalam pelaksanaan perpustakaan. Agar kinerja perpustakaan lebih terarah dan peluang keberhasilan pencapaian tujuannya lebih besar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen layanan perpustakaan, manajemen penyelenggaraan perpustakaan, manajemen pengelolaan perpustakaan dan bagaimana strategi perpustakaan sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang lengkap penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informasi dalam penelitian ini diperoleh langsung dari kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, tenaga pendidik/guru dan salah satu peserta didik di MA Al - Ma'ruf. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen perpustakaan sekolah di MA Al_Ma‟ruf Margodadi diantaranya:(1)Manajemen Layanan perpustakaan meliputi: jam buka perpustakaan dari hari senin sampai hari sabtu mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, jenis layanan yang diterapkan adalah layanan sirkulasi dan referensi, program wajib kunjung perpustakaan minimal satu kali dalam setiap minggu, perpustakaan MA Al-Ma‟ruf membuat laporan kegiatan perpustakaan berupa grafik statistik pengunjung, kerja sama iv perpustakaan dilakukan dengan para komite sekolah dan beberapa sekolah yang setingkat.(2)Manajemen penyelenggaraan perpustakaan diantaranya: pendirin perpustakaan sekolah ditetapkan dengan surat keputusan kepala sekolah(SK), dan struktur organisasi yang lengkap.(3)Manajemen pengelolaan perpustakaan meliputi: pengelolaan bahan pustka, inventarisasi dan klasifikasi, pembuatan katalog, pemeliharaan dan pembinaan bahan pustaka, pelayanan pendayagunaan koleksi, pengadaan kartu anggota, perlengkapan perpustakaan, administrasi perpustakaan dan penyediaan anggaran perpustakaan.(4) strategi perpustakaan sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa diantaranya: sekolah membuat lingkungan yang ramah literasi meliputi adanya program harian, program bulanan dan program tahunan yang berkaitan dengan literasi siswa serta perpustakaan juga melakukan inovasi dengan membuat pelayanan digital untuk perpustakaan. Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan Bahwasanya, Manajemen Perpustakaan di MA Al�Ma`ruf Margodadi, Sumberejo, Tanggamus Diantaranya adalah : manajemen layanan perpustakaan, manajemen penyelenggaraan perpustakaan dan manajemen pengelolaan perpustakaan sudah berjalan dengan efektif dan efisien dan sesuai dengan standar nasional perpustakaan sehingga budaya literasi di MA Al-Ma‟ruf dapat berkembang dengan baik. Kata Kunci : Manajemen perpustakaan, Budaya Literasi, Standar Nasional Perpustakaan. v ABSTRACT Library management is a process of managing and optimizing human resources (librarians) in order to achieve library goals which are based on the principles of library organization and existing theories in libraries. The aim of the school library is to develop and improve literacy culture, information literacy, talents and intelligence (intellectual, emotional and spiritual) of students, educators and education personnel in order to support national education goals through the provision of learning resources. Awareness of the importance of management in libraries is something that is very necessary. A library that is organized with a management system has added value in library implementation. So that library performance is more focused and the chances of success in achieving its goals are greater. The problem formulation in this research is how to manage library services, manage library operations, manage library management and what the school library's strategy is in developing student literacy culture. This research method uses a qualitative research method using a qualitative descriptive approach. To obtain complete data the author used data collection tools in the form of Observation, Interviews and Documentation. With data analysis techniques using data reduction, data presentation and drawing conclusions. The information in this research was obtained directly from the school principal, head of library, librarian, teaching staff/teachers and one of the students at MA Al - Ma'ruf. Test the validity of the data using source triangulation. The results of the research show that the implementation of school library management at MA Al_Ma'ruf Margodadi includes: (1) Library service management includes: library opening hours from Monday to Saturday from 08.00 – 15.00 WIB, the types of services implemented are circulation and reference services, mandatory program to visit the library at least once every week, the MA Al�Ma'ruf library makes library activity reports in the form of visitor statistics graphs, library collaboration is carried out with school committees and several schools at the same level. (2) Library management includes: establishment School libraries are determined vi by a school principal's decision letter (SK), and a complete organizational structure. (3) Library management includes: management of library materials, inventory and classification, cataloging, maintenance and development of library materials , collection utilization services, procurement of membership cards, library equipment, library administration and provision of library budgets. (4) school library strategies in developing student literacy culture include: schools create a literacy-friendly environment including daily programs, monthly programs and related annual programs with student literacy and libraries also innovate by creating digital services for libraries. Based on the results of research and analysis, it can be concluded that library management at MA Al-Ma’ruf Margodadi, Sumberejo, Tanggamus includes: library service management, library management and library management has been running effectively and efficiently and in accordance with national library standards. So that the literacy culture at MA Al-Ma’ruf can develop well. Keywords: Library management, Literacy Culture, National Library Standards

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:07
Last Modified: 18 Jul 2024 05:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33994

Actions (login required)

View Item View Item