KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP ANTARA KEPALA MADRASAH DENGAN GURU DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

VIA, RETNO MONICA (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MEMBANGUN RELATIONSHIP ANTARA KEPALA MADRASAH DENGAN GURU DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan hal penting dan sebuah aktifitas yang tidak bisa lepas dari suatu individu. Adanya komunikasi yang baik mendiptakan peluang untuk mencapai sebuah tujuan. Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya. Penelitian bertujuan mendeskripsikan komunikasi interpersonal dalam membangun relationship antara kepala madrasah dengan guru. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Keterbukaan, Kepala madrasah (plt) terbuka, mendengarkan, dan transparan dalam menyampaikan informasi kepada guru. (2) Sikap Empati, Kepala madrasah (plt) menunjukkan sikap empati dengan mendengarkan dan merespons pesan dari guru serta memberikan pelatihan. (3) Dukungan, Kepala madrasah (plt) dengan memberikan pelatihan, bimbingan profesional, dan mendorong partisipasi guru dalam kegiatan. (4) Sikap Positif, Kepala madrasah (plt) membangun lingkungan positif dengan berinteraksi secara akrab, memberikan pujian, reward and punishment, serta memberikan nasihat. (5) Kesetaraan, Kepala madrasah (plt) berusaha untuk menjaga kesetaraan, bersikap adil, dan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Relationship, Kepala Madrasah dan Guru. ABSTRACT Communication is important and an activity that cannot be separated from an individual. Good communication creates opportunities to achieve a goal. Interpersonal communication is the process of exchanging information between one person and at least one other person. The research aims to describe interpersonal communication in building relationships between madrasa heads and teachers. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection through interviews, observation and documentation. Data sources are obtained from primary data and secondary data. Analysis of research data uses data reduction, data presentation and conclusion drawing, while data validity testing uses source triangulation. The results of this research are as follows: (1) Openness, the head of the madrasah (plt) is open, listening and transparent in conveying information to teachers. (2) Empathetic attitude, the head of the madrasah (plt) shows an empathetic attitude by listening to and responding to messages from teachers and providing training. (3) Support, Principal of the madrasah (plt) by providing training, professional guidance, and encouraging teacher participation in activities. (4) Positive attitude, the head of the madrasah (plt) builds a positive environment by interacting in a friendly manner, giving praise, reward and punishment, and providing advice. (5) Equality, the head of the madrasah (plt) tries to maintain equality, be fair, and be able to adapt to existing conditions. Keywords: Interpersonal Communication, Relationship, Madrasah Head and Teacher.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:11
Last Modified: 18 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item