PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK

FITRIA, AGUSTINA YUSUF (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI SIAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Koneksi matematis merupakan kemampuan dalam menguhubungkan mata pelajaran matematika dengan mata pelajaran lainnya atau dengan topik lain. Motivasi belajar adalah suatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Model pembelajaran Blended Learning adalah sebuah strategi belajar me ngajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan cara memadukan pembelajaran berbasis kelas/tatap muka dengan pembelajaran berbasisteknologi yang dilakukan secara online. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh model blended learning terhadap kemampuan koneksi peserta didik dengan mengontrol motivasi belajar peserta didik, 2) pengaruh variabel kovariat motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik, 3) pengaruh secara simultan model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitia ini berupa tes uraian kemampuan koneksi matematis dan angket motivasi belajar, pada materi pytagoras. Hasil dari penelitian adanya pengaruh model blended learning terhadap kemampuan koneksi peserta didik dengan mengontrol motivasi belajar peserta didik, adanya pengaruh variabel kovariat motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis speserta didik dan adanya pengaruh secara simultan model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Blended Learning, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Koneksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:48
Last Modified: 17 Jul 2024 09:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33981

Actions (login required)

View Item View Item