PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI DENGAN PENDEKATAN PROJECT INQUIRY TERHADAP HOTS

FITRI, ROLISA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI DENGAN PENDEKATAN PROJECT INQUIRY TERHADAP HOTS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi FITRI ROLISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) sangat diperlukan pada saat ini. Peserta didik bukan lagi harus di beritahu tetapi mencari tahu sendiri. Mencari tahu berarti membutuhkan proses berpikir yang cerdas dan kreatif. Berpikir yang demikian menuntut peserta didik di sarankan untuk mengingat, memahami dan sampai memecahkan masalah yang rumit. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat di definisikan sebagai penggunaan pikiran secara luas untuk menemukan tantangan yang baru. Kemampuan ini di latar belakangi oleh rendah nya kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik di MTsS Miftahul Ulum Jati Agung, hal ini sesuai dengan hal prapenelitian yang menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang nilai nya dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kolaborasi dengan Pendekatan Project Inquiry terhadap HOTS. Penelitian ini menggumakan Quasi Eksperimental Design, Popilasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsS Miftahul Ulum Jati Agung. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan instrumen penelitian berupa tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anova satu jalan. Pengujian Hipotesis menggunakan anova satu jalan dengan signifikansi 0,05 di peroleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kolaborasi dengan pendekatan project inquiry terhadap HOTS. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kolaborasi, HOTS, project inquiry iv ABSTRACT Higher order thinking skills (HOTS) are needed nowadays. Learners no longer have to be told but find out for themselves. Finding out means requiring a smart and creative thinking process. Such thinking requires students to remember, understand and solve complex problems. Higher order thinking skills can be defined as the broad use of the mind to find new challenges. This ability is motivated by the low level of thinking skills of students at MTsS Miftahul Ulum Jati Agung, this is in accordance with the pre-research which shows that many students score below KKM. This study aims to determine the effect of Collaborative Learning Model with Project Inquiry Approach on HOTS. This research uses Quasi Experimental Design, the population in this study were students of class VIII MTsS Miftahul Ulum Jati Agung. The sampling technique used was cluster random sampling with research instruments in the form of tests, interviews and observations. The data analysis technique used in this research is one-way Anova. Hypothesis testing using one-way ANOVA with a significance of 0.05 obtained that there is an effect of a collaborative learning model with a project inquiry approach on HOTS. Keywords: Collaborative Learning Model, HOTS, project inquiry

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:44
Last Modified: 17 Jul 2024 09:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item