IMPLEMENTASI TEKNIK HOMEROOM PADA PELAKU BULLYING DI SMPN 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH

Rizka, Rahmawati (2024) IMPLEMENTASI TEKNIK HOMEROOM PADA PELAKU BULLYING DI SMPN 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKA RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying merupakan fenomena sosial yang merugikan, melibatkan perilaku agresif yang dilakukan oleh satu pihak atau sekelompok individu dengan niat merugikan, mengintimidasi, atau mengeksploitasi pihak lain yang lebih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami karakteristik, dan faktor-faktor pendorong terjadinya bullying di SMPN 3 Way Pengubuan Lampung Tengah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif sesuai dengan yang diperoleh dilapangan.dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara langsung dari sumbernya. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari SMPN 3 Way Pengubuan Lampung Tengah. Sumber data primer menggunakan purposive sampling dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dari narasumber yan berjumlah 6 yaitu 1 guru bimbingan dan konseling,4 siswa, dan 1 wali kelas.sumber data sekunder diperoleh dari membaca,memahami,mempelajari dari sumber literatur ,buku-buku,dan jurnal. Hasil penelitian diketahui bahwasannya upaya konselor dalam mengurangi perilaku bully pada klien yaitu dengan menggunakan teknik homeroom. Teknik homeroom disusun secara sistematis dan terencana. Pelaksanaan teknik homeroom pada pelaku bully ini dilakukan melalui beberapa langkah yaitu tahap identifikasi masalah,tahap pembentukan,tahap peralihan,tahap kegiatan,tahap pengakhiran,evaluasi,tindak lanjut. Dengan demikian tingkat keberhasilan implementasi teknik homeroom kepada pelaku bully dikatakan berhasil,hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan perilaku yang terjadi pada diri klien yang tampak lebih baik dari sebelumnya. Kata kunci :bully,teknik homeroom, iii ABSTRACT Bullying is a detrimental social phenomenon, involving aggressive behavior carried out by one party or group of individuals with the intention of harming, intimidating or exploiting another, weaker party. This research aims to explore the characteristics and factors driving bullying at SMPN 3 Way Pengubuan Central Lampung. This type of research is qualitative research which is descriptive according to what is obtained in the field. In this research the author collected data using observation methods and interview methods directly from the source. The data source in this research was obtained from SMPN 3 Way Pengubuan Central Lampung. Primary data sources use purposive sampling and secondary data. Primary data sources were obtained from interviews with 6 sources, namely 1 guidance and counseling teacher, 4 students, and 1 homeroom teacher. Secondary data sources were obtained from reading, understanding, studying from literature sources, books and journals. The research results show that the counselor's efforts to reduce bullying behavior in clients are by using the homeroom technique. Homeroom techniques are arranged systematically and planned. The implementation of the homeroom technique on bullies is carried out through several steps, namely the problem identification stage, formation stage, transition stage, activity stage, termination stage, evaluation and follow-up. Thus, the level of success in implementing the homeroom technique for bullies is said to be successful, this is proven by the change in behavior that occurs in clients who appear better than before. Keywords: bullying, homeroom techniques,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:54
Last Modified: 17 Jul 2024 10:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item