GAYA KEPEMIMPINAN KYAI MARZULI ADISON DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI PONDOK PESANTREN HUSNUL AMAL KOTABUMI LAMPUNG UTARA

YUSELA, ANGGRAINI (2024) GAYA KEPEMIMPINAN KYAI MARZULI ADISON DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SANTRI PONDOK PESANTREN HUSNUL AMAL KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK YUSELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Gaya kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin dapat mempengruhi bawahannya untuk dapat mencapai tujuan organisasi atau seorang pemimpin yang dapat memberikan pengaruh baik atau hal positif dan juga seorang pemimpin dapat menjadi motivasi bagi bawahannya dimana seorang pemimpin menunjukkan sikap dan perilaku yang baik bagi bawahannya.Pondok pesantren adalah lembaga atau organisasi dakwah dengan penekanan kuat pada pendidikan, dimana pendidikan diajarkan untuk lebih memahami ilmu agama. Pendidikan agama di Pondok Pesantren tidak terbatas hanya dua jam sehari selama jam sekolah umum. Secara umum, gayahidup Pondok Pesantren tidak hanya diajarkan sebagai disiplin agama yang ketat; sebaliknya, pendidikan agama diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat umum, khususnya di Pondok Pesantren. Di Pondok Pesantran, pendidikan agama para santri tidak terbatas pada pengajaran tentang Islam dan ajaran-ajarannya; sebaliknya, ajaran Islam berasimilasi, ditafsirkan, dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Husnul Amal Kotabumi Lamung Utara membutuhkan seorang pemimpin untuk dapat mengarahkan dan membimbing para santri dalam menjalankan kegiatan-kegiatan di Pondok Pesantren dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas santri hingga mampu menjadikan santri yang berkualitas dan bermanfaat bagi agama dan negara. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari informan yaitu pemimpin pondok pesanten, ustad dan ustadzah pondok pesantren, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal ilmiah, dan kepustakaan lainnya yang berkaitan dengan bahasan penelitian penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini ialah dilakukan saat pengumpulan data sedang berlangsung, serta saat pengumpulan data telah terkecukupi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Gaya Kepemimpinan yang di gunakan Kyai Marzuli yaitu gaya kepemimpinan religius�peternalistik dan gaya kepemimpinan karismatik dengan menekanan pada nilai-nilai utama seperti keikhlasan, ketulusan, dan keadilan memberikan pemahaman yang baik tentang filosofi kepemimpinannya.Implementasi di Pondok Pesantren menunjukkan integrasi nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari pesantren, iii dan apa yang telah disampaikan Kyai Marzuli Adison menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang gaya kepemimpinan religius paternalistik dan komitmen kuat untuk menerapkannya dalam memimpin pesantren. Jawaban tersebut mencerminkan nilai-nilai religius dan pendekatan paternalistik yang inklusif, adaptif, dan berorientasi pada kesejahteraan santri dan masyarakat. Kyai Marzuli Adison memiliki kemampuan menginspirasi dan memotivasi melalui kepribadian dan keteladanan. Ini menunjukkan bahwa beliau menganggap penting peran pemimpin dalam membangun hubungan emosional dan kepercayaan dengan pengikutnya.Penekanan pada integritas, kepercayaan diri, komunikasi, empati, dan visi yang jelas menunjukkan bahwa Kyai Marzuli Adison mengakui pentingnya kualitas pribadi yang kuat dalam kepemimpinan. Ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang elemen-elemen yang membuat seorang pemimpin efektif. Dan apa yang telah disampaikan Kyai Marzuli Adison menunjukkan bahwa beliau memiliki pemahaman yang mendalam tentang kepemimpinan karismatik, berakar pada nilai�nilai keislaman, dan fokus pada pengembangan pribadi serta hubungan yang tulus dengan pengikutnya. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kualitas Santri, Pondok Pesantren iv ABSTRACT Leadership style is how a leader can influence his subordinates to achieve organizational goals or a leader who can have a good influence or positive things and also a leader can be a motivation for his subordinates where a leader shows good attitudes and behavior for his subordinates. Islamic boarding schools are institutions or da'wah organizations with a strong emphasis on education, where education is taught to better understand religious knowledge. Religious education at Islamic boarding schools is not limited to just two hours a day during public school hours. In general, the Islamic boarding school lifestyle is not only taught as a strict religious discipline; On the contrary, religious education is integrated into daily life in the general community, especially in Islamic boarding schools. At the Islamic Boarding School, the religious education of the students is not limited to teaching about Islam and its teachings; instead, Islamic teachings are assimilated, interpreted, and applied in everyday life. Therefore, the Husnul Amal Islamic Boarding School, Kotabumi, North Lamung needs a leader to be able to direct and guide the students in carrying out activities at the Islamic Boarding School with the aim of improving the quality of the students so that they are able to become quality students who are useful for the religion and the state. In this research the author used a qualitative method in the form of descriptive field research and data collection methods, namely interviews, observation and documentation. Primary data was obtained directly from informants, namely Islamic boarding school leaders, ustad and Islamic boarding school ustadzah, while secondary data was obtained from books, scientific journals and other literature related to the author's research topic. The data analysis technique used in this qualitative research is carried out while data collection is in progress, and when data collection has been sufficient. The results of this research show that the leadership style used by Kyai Marzuli is a religious-peternalistic leadership style and a charismatic leadership style with an emphasis on main values such as sincerity, sincerity and justice, providing a good understanding of his leadership philosophy. Implementation in Islamic boarding schools shows the integration of values. -religious values in the daily life of Islamic boarding schools, and what Kyai Marzuli Adison has conveyed shows a deep understanding of the paternalistic religious v leadership style and a strong commitment to implementing it in leading Islamic boarding schools. This answer reflects religious values and a paternalistic approach that is inclusive, adaptive, and oriented towards the welfare of students and society. Kyai Marzuli Adison has the ability to inspire and motivate through personality and example. This shows that he considers the role of a leader important in building emotional relationships and trust with his followers. The emphasis on integrity, self-confidence, communication, empathy and clear vision shows that Kyai Marzuli Adison recognizes the importance of strong personal qualities in leadership. This shows a deep understanding of the elements that make an effective leader. And what Kyai Marzuli Adison has conveyed shows that he has a deep understanding of charismatic leadership, is rooted in Islamic values, and focuses on personal development and sincere relationships. with his followers. Keywords : Leadership Style, Quality of Santri, Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:01
Last Modified: 17 Jul 2024 10:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33967

Actions (login required)

View Item View Item