BIMBINGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB NEGERI SIDOMULYO KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Siti, Hidayatun Nafsiah (2024) BIMBINGAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SLB NEGERI SIDOMULYO KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI H.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. Salah satu dari ABK adalah anak autis,autisme adalah kelainan perkembangan saraf yang menyebabkan gangguan perilaku dan interaksi sosial. Gejala penyakit ini lebih sering terdeteksi pada masa kanak-kanak tetapi juga dapat ditemukan pada saat dewasa. Bimbingan melalui media audio visual merupakan bimbingan menggunakan media berbentuk audio dan gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahapan bimbingan melalui media audio visual terhadap anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Sidomulyo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan bimbingan melalui media audio visual terhadap anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri sidomulyo. Penelitian ini dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptifkualitatif dengan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini yang penulis ambil 16 siswa autis, dari 16 siswa autis yang memenuhi kriteria yaitu 4 siswa autis, 2 guru bimbingan konseling dan 4 orang tua siswa autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obyek yang dipilih adalah Sekolah Luar Biasa Negeri Sidomulyo. Teknik analisis data meliputi: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dalam penerapan bimbingan melalui media audio visual Sekolah Luar Biasa Negeri Sidomulyo menggunakan beberapa tahapan, yaitu tahap awal: Mempersiapkan ruangan dan alat yang akan digunakan dalam proses bimbingan, persiapan anak, persiapan reward. Tahap pengetahuan atau tahap kerja: melakukan kontak mata, memberikan instruksi, bantuan dan hadiah. Tahap akhir adalah evaluasi, setelah tahapan selesai yang dilakukan guru bimbingan konseling akan mencatat hasil selama bimbingan untuk mengetahui apakan ada perubahan setelah dilakukan bimbingan melalui media audio visual. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan melalui media audio visual untuk meningkatkan pengetahuan seks anak berkbutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Sidomulyo efektif karena adanya perubahan signifikan sebelum diberikan bimbingan melalui media audio visual iii terhadap pengetahuan seks dan ketika sesudah diberikan bimbingan melalui media audio visua terhadap pengetahuan seks pada anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Media Audio Visual, Anak Berkebutuhan Khusus iv ABSTRACT Children with special needs are children who experience limitations or abnormalities, both physical, mental, intellectual, social and emotional, which have a significant effect on the growth or development process compared to other children of the same age. Autism is a neurodevelopmental disorder that causes impaired behavior and social interaction. Symptoms of the disease are more often detected in childhood but can also be found in adulthood. Guidance through audio visual media is guidance using audio and image media. The formulation of the problem in this study is how the stages of guidance through audio visual media for children with special needs at Sidomulyo State Special School. The purpose of this study was to determine the stages of guidance through audio visual media for children with special needs at Sidomulyo State Special School. This research uses a qualitative method that is descriptive qualitative with the determination of informants using purposive sampling. Primary data sources in this study that the authors took 16 autistic students, from 16 autistic students who met the criteria, namely 4 autistic students, 2 counseling guidance teachers and 4 parents of autistic students. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The chosen object is Sidomulyo State Special School. Data analysis techniques include: Data reduction, data presentation, and conclusion drawing or verification. Based on the results in the application of guidance through audio visual media, Sidomulyo State Special School uses several stages, namely the initial stage: Preparing the room and tools that will be used in the guidance process, preparing children, preparing rewards. The knowledge stage or work stage: making eye contact, providing instructions, assistance and gifts. The final stage is evaluation, after the stages are completed the counseling guidance teacher will record the results during the guidance to find out if there are changes after guidance through audio visual media. The conclusion in this study shows that guidance through audio visual media to improve the sexual knowledge of children with special needs at Sidomulyo State Special School is effective because there are significant changes before being given guidance through audio visual media on sexual knowledge and when after being given guidance v through audio visual media on sexual knowledge in children with special needs. Keywords: Audio Visual Media, Special Needs Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:33
Last Modified: 17 Jul 2024 10:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33963

Actions (login required)

View Item View Item