MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS B3 TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 BANDAR LAMPUNG

Wardah, Nabilah (2024) MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK STIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELAS B3 TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of SKRIPSI WARDAH NABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini mengetahui media video interaktif untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak kelas B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelas B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 12 anak dan anak perempuan berjumlah 9 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil perkembangan kognitif di kelas B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung mengalami peningkatan. Peningkatan perkembangan kognitif anak dapat ditunjukkan dengan hasil penelitian dimana anak mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dari hasil pra siklus memperoleh 0% pada kriteria berkembang sangat baik, sedangkan hasil siklus I memperoleh 47.62%, dan hasil siklus II memperoleh 81%. Dengan demikian, media video interaktif dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini TK Assalam 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Media, Video Interaktif, Perkembangan Kognitif iii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the interactive video media to stimulate children's cognitive development in class B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung. This study used classroom action research conducted in two cycles. The subjects of this study were students of class B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung totaling 21 students consisting of 12 male students and 9 female students. Data collection was carried out using observation, interview, test, and documentation. This classroom action research was carried out using the research cycle model of Kemmis and Mc. Taggart. This research was conducted with four stages, namely action planning, action implementation, observation/evaluation and reflection. Data analysis was carried out using quantitative and qualitative descriptive methods. Based on the data analysis that has been done, it is known that the results of cognitive development in class B3 TK Assalam 2 Bandar Lampung have increased. The increase in children's cognitive development can be shown by the results of research where children reach the criteria for developing as expected (BSH) and developing very well (BSB). The increase can be evidenced from the pre-cycle results obtained 0% in the criteria for developing very well, while the results of cycle I obtained 47.62%, and the results of cycle II obtained 81%. Thus, interactive video media can improve the cognitive development of early childhood kindergarten Assalam 2 Bandar Lampung. Keywords: Media, Interactive Video, Cognitive Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:27
Last Modified: 17 Jul 2024 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33962

Actions (login required)

View Item View Item