UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

Rianita, Arsad (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIANITA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar tentunya memiliki dampak yang cukup besar dalam proses belajar peserta didik, Rendahnya nilai motivasi belajar peserta didik tentunya menjadi suatu permasalahan yang dialami secara langsung oleh peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar baik di sekolah maupun di rumah. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik biasanya dari banyak faktor. Ada yang berasal dari faktor latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan, dan juga kesadaran dalam diri setiap peserta didik itu sendiri. Dengan itu,penulis melakukan penelitian terkait upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dilakukan sesuai dengan tujuan utama dalam memberikan bimbingan dan konseling. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 1 Terusan Nunyai dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu, upaya memberikan bimbingan kelompok, upaya melakukan kerjasama dengan wali dan guru mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dan pada penelitian ini yaitu mengunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. hasil Terkait kendala layanan bimbingan kelompok itu sendiri masih terbatas, karena tidak adanya waktu yang khusus dan cukup untuk guru BK memberikan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik guru BK hanya bisa memberikan layanan saat jam kosong. Dalam melakukan perannya, guru BK sudah cukup melakukan upaya yang baik. Namun upaya tersebut masih belum dapat dikatakan maksimal karena mengingat tidak ada jam khusus untuk guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik. Kata kunci: upaya guru bimbingan konseling, motivasi belajar iii ABSTRACT Learning motivation certainly has quite a big impact on students' learning process. The low value of students' learning motivation is certainly a problem experienced directly by students in carrying out learning activities both at school and at home. Factors that influence students' learning motivation are usually many factors. Some come from family background factors, environmental influences, and also the inner consciousness of each student himself. With that, the author conducted research related to the efforts of guidance and counseling teachers in increasing students' learning motivation and this research was conducted on class This research is a qualitative descriptive study, the aim of this research is to determine the efforts of guidance and counseling teachers in increasing the learning motivation of class The data collection method uses interviews, observation and documentation, then analyzed using qualitative data analysis. Based on the results of the research, data processing and analysis carried out by the author, it can be concluded that the efforts of guidance and counseling teachers are carried out in accordance with the main objective of providing guidance and counseling. The following are some of the efforts made by the guidance and counseling teacher at SMA Negeri 1 Canal Nunyai to increase students' learning motivation, namely, efforts to provide guidance, efforts to provide entertainment, praise and prizes, efforts to direct and give advice to students, efforts to collaborate. with guardians and subject teachers, efforts to provide rewards to students, and provide individual counseling guidance services aimed at increasing students' learning motivation. And this research uses group guidance services with discussion techniques. Results Regarding constraints, the group guidance service itself is still limited, because there is no special and sufficient time for guidance and counseling teachers to provide group guidance services to students. Guidance and counseling teachers can only provide services during free hours. In carrying out their role, guidance and counseling teachers have made enough good efforts. However, these efforts still cannot be said to be maximal considering that there are no special hours for guidance and counseling teachers to provide individual counseling services to students. Keywords: guidance and counselling teacher efforts, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:34
Last Modified: 17 Jul 2024 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33960

Actions (login required)

View Item View Item