MANAJEMEN PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH AL-FATONI BAROKAH WISATA DALAM PEMBINAAN CALON JAMA’AH DI KOTA BANDAR LAMPUNG

NUR, AISYAH (2024) MANAJEMEN PELAYANAN BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH AL-FATONI BAROKAH WISATA DALAM PEMBINAAN CALON JAMA’AH DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi NUR AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pelayanan merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dengan manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan/organisasi, karyawan, dan masyarakat. Dengan manajemen juga daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan. Haji dan Umroh adalah kegiatan ibadah yang dilaukan umat Islam dengan mengunjumgi tanah suci Makah. Meskipun terlihat sama, keduamya memiliki pengertian yang berbeda terkait waktu dan tata cara pelaksanaannya. Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu sekarang ini banyak lembaga penyelenggara haji dan umroh yang mengklaim dirinya menjadi lembaga yang mempunyai kualitas pelayanan yang prima. Bahkan ada yang memberikan beberapa bukti agar customer percaya terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh biro perjalanan haji dan umroh. Namun kenyataannya banyak dijumpai beberapa jama’ah yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh biro perjalanan haji dan umroh. Ini semua menjadikan penulis menggunakan objek penelitiannya adalah PT.Al-Fatoni Barokah Wisata. Permasalahan yang dapat rumuskan adalah bagaimana manajemen pelayanan biro haji dan umroh PT. Al-Fatoni Barokah Wisata dalam pembinaan calon jama’ah di Kota Bandar Lampung. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan biro haji dan umroh PT. Al-Fatoni Barokah Wisata dalam pembinaan calon jama’ah di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menjadi terarah dan falid, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari beberapa penelitian bahwa hasil yang ditemukan yaitu pelaksanaan manajemen yang dilakukan oleh PT. Al-Fatoni Barokah Wisata sudah cukup baik untuk mencapai hasil tujuan nya, dalam hal ini sudah mengikuti sesuai dengan fungsi manajemen berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. PT. Al- Fatoni Baroka Wisata juga sudah memberikan pelayanan yang baik. Terbukti dengan respon dan kenyamanan yang di alami oleh para jama’ah. Mulai dari pemberangkatan hingga kembali ke Indonesia. Ini merupakan nilai plus yang dimiliki PT. Al-Fatoni Barokah Wisata, tentunya semua di dukung oleh para karyawan yang berkualitas dan alat teknologi yang memadai. Dan pembinaan manasik yang dilakukan PT. Al-Fatoni Barokah Wisata sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Hal ini terbukti bahwa membuat para jam’ah merasa mengerti dan penuh dengan kekhusyuan dalam melaksanakan ibadah. Kata Kunci : Manajemen Pelayanan dan Pembinaan Calon Jama’ah Haji dan Umroh. ABSTRACT Service management is a tool to achieve the desired goals, with good management will facilitate the realization of the goals of the company/organization, employees, and society. With management, the usefulness and results of the use of management elements will be improved. Hajj and Umrah are worship activities that Muslims do by visiting the holy land of Makah. Although they look the same, the two have different meanings regarding the time and procedures for their implementation. Service management is a tool to achieve the desired goals, with good management will facilitate the realization of the goals of the company/organization, employees, and society. With management, the usefulness and results of the use of management elements will be improved. Hajj and Umrah are worship activities that Muslims do by visiting the holy land of Makah. Although they look the same, the two have different meanings regarding the time and procedures for their implementation. The background of this research is that currently many Hajj and Umrah organizing institutions claim to be institutions that have excellent service quality. Some even provide some evidence so that customers believe in the products offered by Hajj and Umrah travel agencies. However, in reality, there are many pilgrims who are not satisfied with the services that have been provided by the Hajj and Umrah travel agency. All of this makes the author use the object of his research which is PT. Al-Fatoni Barokah Tourism. The problem that can be formulated is how to manage the services of the Hajj and Umrah bureau of PT. Al-Fatoni Barokah Tourism in the development of prospective pilgrims in Bandar Lampung City. The purpose of the problem in this study is to find out the service management of the Hajj and Umrah bureau of PT. Al-Fatoni Barokah Tourism in the development of prospective pilgrims in Bandar Lampung City. This research is directed and falid, the author uses qualitative research methods in the form of interviews, observations and documentation. From several studies that the results found are the implementation of management carried out by PT. Al-Fatoni Barokah Tourism is good enough to achieve the results of its goals, in this case it has followed in accordance with the management function in the form of planning, organizing, implementing and supervising. PT. Al- Fatoni Baroka Wisata has also provided good service. It is proven by the response and comfort experienced by the pilgrims. Starting from departure to returning to Indonesia. This is a plus value owned by PT. Al-Fatoni Barokah Wisata, of course, is all supported by qualified employees and adequate technological tools. And the manasik coaching carried out by PT. Al-Fatoni Barokah Tourism has been in accordance with the established procedures. This is proven to make the worshippers feel understood and full of solemnity in carrying out worship. Keywords: Service Management and Coaching of Prospective Hajj and Umrah Pilgrims.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:59
Last Modified: 16 Jul 2024 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33948

Actions (login required)

View Item View Item