INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA AL FALAH MUNCAK PESAWARAN

Lisa, Deviana (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA AL FALAH MUNCAK PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LISA DEVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA AL FALAH MUNCAK PESAWARAN Oleh Lisa Deviana Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama merupakan salah satu cara untuk mengenalkan atau penanaman nilai-nilai moderasi beragama tanpa mempermasalahkan adanya perbedaan agama, gender, ras, suku budaya dan lainnya. Pembelajaran akidah akhlak adalah proses atau usaha sadar yang dilakukan pendidik untuk membimbing secara sistematis dan pragmatis supaya menghasilkan peserta didik yang berakhlak mulia sesuai dengan ajaran-ajaran islam. Pembelajaran akidah akhlak lebih berorientasi pada akhlak ataupun tingkah laku manusia sehingga perlu adanya proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama. Mata Pelajaran Akidah Akhlak merupakan bagian dari pelajaran agama islam yang tidak dapat dipisahkan dari mata pelajaran lainnya dalam pengembangan moral dan juga pembentukan akhlak yang mulia. Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama merupakan kegiatan dari MA Al Falah Muncak yang bertujuan untuk mendorong siswa untuk menanamkan atau menghayati sehingga melekat pada diri seseorang dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama berupa nilai komitmen kebangsaan, nilai toleransi, nilai anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.dalam hal ini terdapat tahap-tahap atau proses penanaman nilai-nilai moderasi beragam dalam pembelajaran akidah akhlak. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian dengan tujuan mencari bukti dan melihat nilai�nilai moderasi beragama yang sudah tertanamkan dan proses dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama tersebut. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskripstif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MA Al Falah Muncak merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di MA Al Falah Muncak berjalan dengan baik dan iii konsisten dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama. Siswa mampu menerapkan nilai-nilai moderasi beragama terkhusus nilai toleransi dimana siswa mempunyai sikap menghargai dan saling menghormati. Proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran akidah akhlak yaitu ada 3 tahap yaitu tahap transformasi, tahap transaksi dan tahap transinternalisasi. Siswa mampu menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui tahap�tahap tersebut, selain itu siswa juga didorong dengan kegoatan diluar kelas seperti sholat dhuha berjamaah, sholat dzuhur berjamaah, melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, upacara-upacara memperingati hari besar nasional maupun hari besar islam, mengikuti kegiatan iinfak sedekah setiap hari jum’at, mengikuti kegiatan bansos yang berlangsung pada acara memperingati maulid Nabi Muhamad SAW disetiap tahunnya. Oleh sebab itu, internalisasi nilai-nilai moderasi beragama mampu menumbuhkan dan menanmkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswa dengan baik. Kata kunci : Internalisasi, Moderasi Beragama, Pembelajaran Akidah Akhlak iv ABSTRACT Internalizing the values of religious moderation is one way to introduce or instill the values of religious moderation without questioning differences in religion, gender, race, ethnic culture and others. Learning moral beliefs is a process or conscious effort carried out by educators to guide them systematically and pragmatically to produce students who have noble morals in accordance with Islamic teachings. Learning moral beliefs is more oriented towards morals or human behavior so there needs to be a process of internalizing the values of religious moderation. The Aqidah Morals subject is part of Islamic religious studies which cannot be separated from other subjects in moral development and also the formation of noble morals. Internalizing the values of religious moderation is an activity of MA Al Falah Muncak which aims to encourage students to instill or appreciate it so that it is inherent in a person in cultivating the values of religious moderation in the form of national commitment values, tolerance values, non-violence values, and accommodating to culture. local. In this case there are stages or processes of instilling various values of moderation in learning moral beliefs. Therefore, it is necessary to conduct research with the aim of looking for evidence and looking at the values of religious moderation that have been embedded and the process of instilling these values of religious moderation. In this thesis, a descriptive approach is used with qualitative research methods. The data obtained used data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Then the data obtained is analyzed by reducing the data, presenting the data and then drawing conclusions. The results of this research show that the Internalization of Religious Moderation Values in the Learning of Moral Creeds for Class Students are able to apply the values of religious moderation, especially the value of tolerance, where students have an attitude of respect and mutual respect. The process of instilling the values of religious moderation in learning moral beliefs consists of 3 stages, namely the transformation stage, the transaction stage and the transinternalization stage. Students are able to instill the values of religious moderation through these stages, apart from that, students are also encouraged to engage in activities outside the classroom such as congregational midday prayers, congregational midday prayers, carrying out flag ceremonies every Monday, ceremonies v commemorating national holidays and Islamic holidays. , taking part in alms charity activities every Friday, taking part in social assistance activities which take place at the event commemorating the birthday of the Prophet Muhammad SAW every year. Therefore, internalizing the values of religious moderation is able to grow and instill the values of religious moderation in students well. Keywords: Internalization, Religious Moderation, Learning Moral Creeds

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:21
Last Modified: 16 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item View Item