PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM PADA MATERI HIMPUNAN TINGKAT SMP/MTs

DWI, SAFITRI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM PADA MATERI HIMPUNAN TINGKAT SMP/MTs. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DWI_SAFITRI_1711050151.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada materi himpunan bernuansa islam sebagai inovasi dan menjadi solusi permasalahan pemahaman peserta didik terhadap materi himpunan serta dapat menambah pengetahuan atau wawasan keterkaitan materi dengan nuansa islam. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyis, Design, Development, Implementation, and Evaluatin. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 38 Bandar Lampung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket validasi, dan angket kemenarikan. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli materi 3,56, ahli media 3,76, dan ahli agama 3,5 dengan kriteria “layak”. Uji respon kemenarikan oleh peserta didik pada uji kelompok kecil 3,52, kelompok besar 3,3 dengan kriteria “sangat menarik” di SMP Negeri 38 Bandar Lampung dan dapat dinyatakan bahwa modul efektif digunakan dalam pembelajaran. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika bernuansa islam pada materi himpunan menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: modul, bernunasa islam, himpunan. ABSTRACT The aim of this research and development is to produce teaching materials in the form of modules on set theory with an Islamic nuance as an innovation and to provide a solution to the problem of students' understanding of set theory and to increase knowledge or insight into the relationship between the material and Islamic concepts. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research and development were seventh-grade students at SMP Negeri 38 Bandar Lampung. The techniques used in collecting data were interviews, validation questionnaires, and attractiveness questionnaires. The results of the feasibility test by material expert validators were 3.56, media experts 3.76, and religious experts 3.5, all with the criteria of "feasible." The attractiveness response test by students in the small group test was 3.52, and in the large group test, 3.3, with the criteria "very interesting" at SMP Negeri 38 Bandar Lampung, indicating that the module is effectively used in learning. Therefore, it can be concluded that the Islamic nuanced mathematics teaching materials on set theory are interesting and suitable for use in learning. Keywords: module, Islamic nuance, set theory.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:01
Last Modified: 16 Jul 2024 02:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33929

Actions (login required)

View Item View Item