STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT ASURANSI JIWASYARIAH AL AMIN CABANG LAMPUNG

SITI, MUNAYAH (2024) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN PADA PT ASURANSI JIWASYARIAH AL AMIN CABANG LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SITI MUNAYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin merupakan perusahaan asuransi murni syariah yang menaruh perhatian bagi perkembangan perasuransian di Indonesia khusunya perkembangan dan kebutuhan masyarakat untuk dapat bermuamalah berdasarkan syariah Islam. Berkomitmen untuk memenuhi perjanjian perlindungan kepada peserta yang diasuransikan dengan berpegang teguh kepada prinsip�prinsip syariah Islam.Tentunya dengan memberikan jasa pelayanan yang baik diperlukan adanya strategi atau cara unuk mencapai tujuan dari perusahaan, salah satu strategi yang digunakan adalah dengan menjalin hubungan baik dengan pengguna jasa yaitu pelanggan, oleh karena itu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan menjadi hal yang penting untuk membangun kesetiaan serta mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi relationship marketing yang dijalankan sebagai upaya untuk membangun loyalitas pelanggan pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Cabang Lampung. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang berbentuk data deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.sumber data primer diperoleh langsung dari informan yaitu Pimpinan Kepala Cabang PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin dan pegawai serta pelanggan jasa Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal ilmiah, dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan pembahasan penelitian penulis.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan induktif, maksudnya adalah menganalisis berdasrkan data yang telah diperoleh, kemudian kesimpulan muncul dari data untuk kemudian diverifikasi dari data yang ada dilakukan dan dilaksanakan pada saat pengumpulan data sedang berlangsung serta pada saat pengumpulan data telah tercukupi. Berdasarkan hasil penelitian strategi relationship marketing dalam membangun loyalitas pelanggan pada PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Cabang Lampung menghasilkan kesimpulan bahwa strategi relationship marketing yang digunakan dalam membangun loyalitas pelanggan yakni dengan menganalisis kebutuhan pelanggan, menjalin kerjasama (partnership), strategi baruan mix, menjalin kebersamaan dan kekeluargaan, keberhasilan menggunakan strategi relationship marketing dapat dilihat dari loyalitas pelanggan yaitu dengan adanya pelanggan yang bersedia menyebarkan informasi positif terhadap Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, merekomendasikan Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, dan melakukan pembelian secara berulang pada produk Asuransi jiwa Syariah Al Amin Cabang Lampung, keberhasilan strategi relationship marketing yang diterapkan tidak hanya dapat membangun loyalitas dari pelanggan akan tetapi juga dapat mempertahankan pelanggan, hal ini juga diperkuat dengan adanya data peningkatan jumlah pelanggan dari setiap tahunnya serta peningkatan jumlah pencapain produksi, faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi relationship marketing dalam membangun loyalitas pelanggan adalah dengan adanya saranan prasarana yang memadai seperti adanya kecanggihan teknologi terkait promosi melalui media sosaial sehingga dapat menunjang keberhasilan setiap aktivitas yang dijalankan perusahaan, sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu minimnya pemahaman masyarakat terhadap asuransi jiwa syariah dan juga adanya pesaing bagi PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin cabang Lampung. Kata kunci : Strategi Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan, Asuransi Jiwa Syariah Al Amin. ABSTRACT PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin is a pure sharia insurance company that pays attention to the development of insurance in Indonesia, especially the development and need for society to be able to practice religion based on Islamic sharia. Committed to fulfilling the protection agreement for insured participants by adhering strictly to the principles of Islamic sharia. Of course, to provide good service, there is a need for a strategy or way to achieve the company's goals, one of the strategies used is to establish good relationships with service users namely customers, therefore establishing good relationships with customers is important to build loyalty and retain customers. This research aims to determine the relationship marketing strategy implemented as an effort to build customer loyalty at PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Lampung Branch. In this research the author used a qualitative method in the form of descriptive data with field research and data collection methods, namely interviews, observation and documentation. Primary data sources were obtained directly from informants, namely the Branch Head of PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin and employees as well as customers of Al Amin Sharia Life Insurance services, while secondary data was obtained from books, scientific journals and various other sources related to the author's research discussion. The data analysis techniques used in this qualitative research were carried out and carried out while data collection was in progress and when data collection was sufficient. Based on the results of research on relationship marketing strategies in building customer loyalty at PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Lampung Branch, it is concluded that the relationship marketing strategy used in building customer loyalty is by analyzing customer needs, establishing partnerships, new mix strategies, establishing togetherness and family, the success of using a relationship marketing strategy can be seen from customer loyalty, namely by the presence of customers who are willing to spread positive information about Al Amin Sharia Life Insurance, recommend Al Amin Sharia Life Insurance, and make repeat purchases of Al Amin Sharia Life Insurance products, Lampung Branch, The success of the relationship marketing strategy implemented can not only build loyalty from customers but also retain customers. This is also reinforced by the data on the increase in the number of customers each year and the increase in the number of production achievements, supporting factors in implementing the relationship marketing strategy in building customer loyalty. is the existence of adequate infrastructure such as sophisticated technology related to promotion through social media so that it can support the success of every activity carried out by the company, while the inhibiting factor is the lack of public understanding of sharia life insurance and also the existence of competitors for PT Asuransi Jiwa Syariah Al Amin Lampung branch. Keywords: Relationship Marketing Strategy, Customer Loyalty, Al Amin Sharia Life Insurance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:51
Last Modified: 15 Jul 2024 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33928

Actions (login required)

View Item View Item