PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG

Antika, Suparno (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANTIKA FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG Oleh Antika Peran guru menjadi salah satu komponen yang utama dalam dunia pendidikan, terutama dalam menanamkan nilai – nilai budi pekerti. Tentu hal ini menjadi tugas penting dan menjadi suatu kewajiban bagi para guru disekolah terutama bagi guru pendidikan agama islam, karena guru pendidikan agama islam adalah guru yang paling tepat dan secara khusus membentuk perilaku akhlak peserta didik baik dengan cara memberi ilmu pengetahuan agama islam salah satunya yaitu yang berkaitan dengan akhlak budi pekerti, memberi motivasi membimbing, memberi saran, memberikan teguran maupun memberikan contoh atau teladan yang baik kepada peserta didik sesuai dengan syariat agama islam. Pada Skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh di analisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru agama Islam di SMP Negeri 36 di Bandar Lampung telah melakukan penanaman nilai-nilai budi pekerti dengan baik. Mereka menyampaikan materi dengan baik menggunakan metode yang beragam seperti ceramah, diskusi, dan praktek. Guru juga menjalankan peran sebagai administrator dengan memberikan solusi dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengungkapkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti kepada siswa. Pendidikan budi pekerti bertujuan untuk memfasilitasi siswa agar mampu menggunakan pengetahuan, mengkaji, iv menginternalisasi, dan mempersonalisasi nilai-nilai, mengembangkan keterampilan sosial yang memungkinkan tumbuh dan berkembangnya akhlak mulia dalam diri siswa serta mewujudkan dalam perilaku sehari�hari, dalam konteks sosial. Kata Kunci : Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti v ABSTRACT The role of teachers has become one of the main components in the world of education, especially in the inheritance of values – the values of labor. Of course it becomes an important task and a duty for the teachers of the school, especially for the teacher of Islamic education, because the teacher is the most appropriate teacher and specifically forms the moral behavior of the students either by giving Islamic science one of them is related to the morality of the practitioner, giving motivation to guide, give advice, give counsel or give good example or example to the students according to the Islamic scholarship. In this thesis, a descriptive approach is used with qualitative research methods. The data obtained using data collection techniques such as interviews, observations and documentation, then the data gained in analysis by reducing data, presenting data and drawing conclusions. Based on the results of this study, it shows that the teacher of Islamic religion at the State High School 36 in Bandar Lampung has done well the cultivation of the values of employment. They deliver material well using diverse methods such as lectures, discussions, and practice. Teachers also perform the role of administrators by providing solutions and evaluation of learning activities. This study revealed that teachers have a very important role in instilling the values of goodwill to students. Goodwill education aims to facilitate students to be able to use knowledge, study, internalize, and personalize values, develop social skills that enable the growth and development of noble morality in students as well as realize in daily behavior, in social context. Keywords: Teacher role, Islamic religion education, Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:50
Last Modified: 15 Jul 2024 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33927

Actions (login required)

View Item View Item