MANAJEMEN PELAYANAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGURANGI TINGKAT PERCERAIAN

ANGGI, SRI INTAN (2024) MANAJEMEN PELAYANAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN PANJANG KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGURANGI TINGKAT PERCERAIAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANGGI SRI INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Penasihatan Pembinaan Pelestarian Dan Perkawinan (BP4) adalah Lembaga yang bertujuan untuk memberikan bimbingan, konseling, serta pendampingan kepada pasangan suami istri dalam Upaya memelihara, memperkuat, dan mengembangkan hubungan perkawinan yang sehat, harmonis, dan berkelanjutan. BP4 berfokus pada pencegahan konflik, pemulihan hubungan yang terganggu, dan pembinaan nilai-nilai serta keterampilan yang diperlakukan dalam membangun hubungan perkawinan yang kokoh. Lembaga ini juga turut aktif dalam meningkatkan kesadaran Masyarakat tentang pentingnya pelestarian perkawinan dan memeberikan Solusi konkret untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul dalam kehidupan berumah tangga. Oleh karna itu diperlukan adanya manajemen pelayanan yang tepat dalam mengurangi Tingkat prceraian. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pelayanan BP4 dalam mengurangi Tingkat perceraian dikantor Urusan Agama Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang berbentuk data deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer yang diperoleh langsung dari informan yaitu Ketua BP4, Pegawai KUA, serta Masyarakat pengguna layanan BP4, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal ilmia, dan kepustakaan lainnya yang masih berkaitan dengan pembahasan penelitian penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini dilakukan dan dilaksanakan pada saat pengumpulan data sedang berlangsung serta pada saat pengumpulan data telah tercukupi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan BP4 dalam mengurangi Tingkat perceraian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung, masih belum dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu harus dilakukannya perubahan untuk meningkatkan BP4 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Bandar Lampung dengan mengevaluasi Kembali seluruh peraturan yang berkaitan dengan pembinaan dan pelestarian perkawinan. BP4 Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Bandar Lampung harus lebih meningkatkan koordinasi dan kemitraan dengan instansi pemerintahan pusat dan daerah serta organisasi kemasyarakatan dalam melaksanakan kegiatan keluarga Sakinah. Kata Kunci : BP4, Manajemen Pelayanan, Tingkat Perceraian. ABSTRAK The Preservation and Marriage Development Advisory Board (BP4) is an institution that aims to provide guidance, counseling, and assistance to married couples in an effort to maintain, strengthen, and develop healthy, harmonious, and sustainable marital relationships. BP4 focuses on conflict prevention, restoration of disrupted relationships, and fostering the values and skills treated in building a strong marital relationship. This institution is also active in raising public awareness about the importance of marriage preservation and providing concrete solutions to overcome problems that may arise in married life. Therefore, proper service management is needed in reducing the divorce rate. This study aims to describe BP4 service management in reducing the divorce rate at the Religious Affairs office of Long District, Bandar Lampung City. In this study, the author uses qualitative methods in the form of descriptive data with the type of field research and data collection methods, namely interviews, observations, and documentation. Primary data obtained directly from informants, namely the Chairman of BP4, KUA employees, and the community using BP4 services, while secondary data are obtained from books, scientific journals, and other literature that are still related to the discussion of the author's research. Data analysis techniques used in qualitative research are carried out and carried out when data collection is ongoing and when data collection has been fulfilled. The results showed that BP4 service management in reducing the divorce rate at the Religious Affairs Office of Long Subdistrict, Bandar Lampung City, was still not implemented optimally. Therefore, changes must be made to improve BP4 at the Religious Affairs Office of Bandar Lampung City District by re-evaluating all regulations related to marriage formation and preservation. BP4 The Religious Affairs Office of Bandar Lampung City District should further improve coordination and partnership with central and local government agencies and community organizations in carrying out Sakinah family activities. Keywords : BP4, Service Management, Divorce Rate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:43
Last Modified: 15 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33926

Actions (login required)

View Item View Item