KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI MTs KESUMA SUMBER SARI LAMPUNG SELATAN

ANI, NURHASANAH (2024) KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI MTs KESUMA SUMBER SARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI CETAK BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANI NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sikap disiplin wajib dimiliki oleh seluruh peserta didik. Peserta didik yang disiplin selalu mentaati peraturan dan tata tertib yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah. Namun kenyataannya yang terjadi masih banyak peserta didik yang memiliki perilaku disiplin yang rendah, pelanggaran peraturan tata tertib yang dilakukan oleh siswa di MTs Kesuma Sumbersari seperti terlambat datang ke sekolah, tidak masuk tanpa keterangan, tidak mengerjakan tugas(tidak mengerjakan PR). Penyebab pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh siswa di MTs Kesuma yaitu siswa bangun kesiangan sehingga membuat siswa terlambat datang kesekolah kebiasan ini yang membuat siswa sering dihukum oleh guru BK dan diberikan peringatan oleh guru BK, selanjutnya penyebab siswa tidak masuk tanpa keterangan yaitu karena tidak ada kendaraan untuk berangkat ke sekolah semua itu dijadikan alasan siswa tidak masuk tanpa keterangan dan penyebab siswa tidak disiplin dalam kegiatan belajar mengajar yakni siswa sering kali lupa untuk mengerjaan tugas yang diberikan oleh guru selama di sekolah. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang membuat siswa-siswa di MTs Kesuma kerap kali dihukum oleh guru BK. Sehingga perlu adanya tindakan dan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik menggunakan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang proses pelaksanaan bimbingan konseling dalam rangka menanamkan kedisiplinan pada siswa kelas VIII di MTs Kesuma Sumbersari Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah siswa kelas VIII di MTs Kesuma Sumbersari sebanyak 71 siswa. Penentuan sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dari jumlah 71 siswa terdapat 3 orang siswa yang sesuai dengan kriteria. Sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 siswa yang melanggar kedisiplinan sekolah dan 1 guru BK. Sumber data sekunder didapat dengan cara membaca, mempelajari dan memahami yang bersumber dari literature, buku�buku dan jurnal. Teknik analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling individu dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan sikap disiplin siswa di MTs Kesuma Sumbersari Lampung Selatan telah dilaksanakan melalui beberapa langkah yaitu, 1) Rational treatment, tujuannya yaitu untuk memberikan pemahaman masalah yang dialami oleh konseli. 2) Memilih tingkah laku yang akan diubah dengan melakukan analisis ABC (Antecident, Behavior, Consequence), 3) Menentukan tingkah laku yang akan diubah, tujuannya yakni mengidentifikasi perilaku kurang disiplin siswa yang akan diubah menjadi perilaku yang lebih baik. 4) Menentukan jenis penguatan yang akan diterapkan, Jenis penguatan yang akan diterapkan ditentukan dengan jensi pelanggaran yang dilanggar siswA. 5) Latihan memberikan reinforcement. Reinforcement ini dilakukan agar siswa tetap konsisten terhadap perilku positif yang dilakukannya. 6) Melakukan evaluasi, langkah ini dimaksudkan untuk menilai atau mengetahui sampai sejauh mana hasil yang dicapai dalam melakukan teknik behavior contract yang dilakukan oleh guru BK. Kata Kunci : Konseling Individu, Behavior Contract, dan kedisiplinan.ABSTRACT Disciplined attitude must be owned by all students. Disciplined students always obey the rules and regulations set by the school. But in reality what happens is that there are still many students who have low disciplinary behavior, violations of disciplinary rules committed by students at MTs Kesuma Sumbersari such as coming to school late, being absent without information, not doing assignments (not doing homework). The cause of violations of discipline committed by students at MTs Kesuma is that students wake up early so that they are late for school, this habit makes students often punished by counseling teachers and given warnings by counseling teachers, then the cause of students not coming in without information is because there is no vehicle to go to school, all of which are used as reasons for students not coming in without information and the cause of students not being disciplined in teaching and learning activities, namely students often forget to do the assignments given by the teacher while at school. These habits are what make students at MTs Kesuma often punished by BK teachers. So it is necessary to take action and efforts to improve student discipline using Individual Counseling with Behavior Contract Techniques. he purpose of this study is to examine the process of implementing counseling guidance in order to instill discipline in class VIII students at MTs Kesuma Sumbersari South Lampung. This research uses qualitative methods with the type of field research. Data collection techniques using observation, interview, and documentation techniques. The number of VIII grade students at MTs Kesuma Sumbersari is 71 students. Determination of data sources in this study using purposive sampling technique. Of the 71 students, there were 3 students who fit the criteria. Primary data sources in this study amounted to 4 people consisting of 3 students who violated school discipline and 1 BK teacher. Secondary data sources are obtained by reading, studying and understanding sourced from literature, books and journals. The research analysis technique used in this research is the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the implementation of individual counseling with behavior contract techniques to improve students' disciplinary attitudes at MTs Kesuma Sumbersari South Lampung has been carried out through several steps, namely, 1) Rational treatment, the goal is to provide an understanding of the problems experienced by the counselee. 2) Choosing the behavior to be changed by conducting an ABC (Antecident, Behavior, Consequence) analysis, 3) Determining the behavior to be changed, the goal is to identify students' undisciplined behavior that will be changed into better behavior. 4) Determining the type of reinforcement to be applied, the type of reinforcement to be applied is determined by the type of offense that the student has violated. 5) Practice giving reinforcement. This reinforcement is done so that students remain consistent with the positive behavior they do. 6) Conducting an evaluation, this step is intended to assess or determine the extent to which the results achieved in carrying out the behavior contract technique carried out by the counseling teacher. Keywords: Individual Counseling, Behavior Contract, and discipline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:47
Last Modified: 15 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33921

Actions (login required)

View Item View Item