MANAJEMEN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH DESA KARTA JAYA KECAMATAN NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG

INOPRIANSYAH, GUNTAMA (2024) MANAJEMEN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL PADA PONDOK PESANTREN MODERN MAKKAH DESA KARTA JAYA KECAMATAN NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi INOPRIANSYAH GUNTAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengenai manajemen dakwah melalui media sosial pada Pondok Pesantren Modern Makkah Desa Karta Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan Lampung agar para santri memiliki akhlak yang baik, dengan dilakukannya pembinaan yang baik terutama tujuan dari pondok pesantren akan tercapai yaitu melahirkan santri yang berakhlakul karimah. Akhlakul karimah santri sangat penting karena santri yang bakal membangun sebuah bangsa melalui para santri yang sudah menetap dipondok pesantren untuk di didik dan ditanamkan nilai�nilai agama Islam. Agar kemudian para santri mampu memberikan kontribusi untuk bangsa ini dengan nilai-nilai akhlak yang diajarkan kiai di pondok pesantren. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen dakwah melalui media sosial pada Pondok Pesantren Modern Makkah Desa Karta Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah ustad Pondok Pesantren Modern Makkah Karta Jaya Negara Batin Way Kanan, adapun pengambilan data primer dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni dengan kriteria sehingga didapatkan subjek penelitian. Adapun dengan data sekunder yakni referensi berupa literatur, jurnal dan dokumentasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan analisis data yakni mengumpulkan data, mengklarifikasi materi data, pengeditan dan penyajian data serta menarik kesimpulan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam manajemen pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah sudah cukup baik. Hal ini juga sesuai menurut Al-Bayanuni dimana dakwah dilakukan dengan mentransfer pesan dakwah dengan lebih banyak melewati indera pendengaran (al-sam’) dan indra pengelihatan (al-abshar) serta ditambah akal yang sehat (al-af’idah). Dan berdasarkan analisis penulis dapat ditarik kesimpulan bahwasanya Pondok Pesantren Modern Makkah Desa Karta Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan Lampung sudah menjalankan strategi yang baik dalam berdakwah melalui media sosial Instagram dengan mengacu teori tersebut. Pondok Pesantren Modern Makkah-pun telah mengetahui apa saja faktor yang menjadi kelebihan dan menjadi kekurangan yang dimiliki Pondok Pesantren Modern Makkah Desa Karta Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:36
Last Modified: 15 Jul 2024 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33919

Actions (login required)

View Item View Item