PERANAN TOKOH KH HASYIM ASY’ARI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Riana, Widia Wahyu Lingga (2024) PERANAN TOKOH KH HASYIM ASY’ARI DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1.2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Riana Widia Wahyu Lingga..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kondisi Pendidikan Islam Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Ini memiliki cerita dari generasi ke generasi. Ia telah mengalami berbagai perkembangan dan perubahan. Seutuhnya pendidikan Islam Indonesia dengan sumbangsih banyak ulama, telah mereka dedikasikan untuk mendirikan, membangun, dan mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia di pondok pesantren. Dinamika Islam utamanya sangat dipengaruhi oleh peran tokohnya. sehingga dalam hal ini peneliti memilih judul Peranan Tokoh Kh Hasyim Asyari Dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Tokoh agama mempunyai peran yang sangat besar untuk menyebarkan ajaran agama yang sebenar-benarnya, sehingga seorang individu pemeluk agama dapat lebih mendalami ajaran agama yang di anutnya, dan askhirnya mampu menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan�Nya, sesusai dengan apa yang di perintahkan Allah Swt. Jenis penelitian digunakan yakni penelitian Studi Pustaka (Library Reaserch) yaitu penelitian yang dilakukan secara mendalam dengan menggunakan pemahaman yaitu membaca literatur, berupa buku/majalah/e-book, jurnal, dan sumber data lainnya di berbagai platform. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik studi pustaka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan memilih data yang relevan, melakukan pencatatan objektif, membuat catatan konseptualisasi data yang muncul, dan kemudian membuat ringkasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peranan Tokoh Kh Hasyim Asyari Dalam Pendidikan Islam di Indonesia tentunya dalam perkembangan pendidikan Islam secara nasional di Indonesia saat ini baik dari segi peran kaderisasi ataupun peran dakwah beliu dalam pendidikan Islam di Indonesia sama-sama melalui dua alat perjuangannya yaitu dalam bentuk mendirikan pondok pesantren tebuireng di Jombang dan wadah persatuan umat Islam tradisionalis yang bernama NU (Nahdlatul Ulama). Sehingga dalam peranan K.H. Hasyim Asy’ari ini juga yang berangkat dari konsep juga pemikiran beliau mengenai pendidikan Islam berdampak dalam memperbaiki iv moral/akhlak murid atau santri serta masyarakat Indonesia disertai terbentunya lembaga pendidikan pondok pesantren tebu ireng dan organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama. Kata Kunci :Peranan, Hasyim Asy’ari, Pendidikan Islam, Indonesia v ABSTRACT The condition of Indonesian Islamic education has a long history. It has stories from generation to generation. It has experienced various developments and changes. Complete Indonesian Islamic education with the contribution of many ulama, they have dedicated it to establishing, building and developing Islamic education in Indonesia in Islamic boarding schools. The dynamics of Islam are mainly influenced by the roles of the characters. so in this case the researcher chose the title The Role of Kh Hasyim Asyari Figures in Islamic Education in Indonesia. Religious figures have a very big role in spreading true religious teachings, so that an individual who adheres to a religion can deepen the teachings of the religion he adheres to, and ultimately is able to carry out all commands and avoid all His prohibitions, in accordance with what Allah has commanded. SWT. The type of research used is Library Study research, namely research carried out in depth using understanding, namely reading literature, in the form of books/magazines/e-books, journals and other data sources on various platforms. The data collection technique in this research is the literature study technique. The method used in this research is the documentation method. The data collection stages are carried out by selecting relevant data, taking objective notes, making notes on the conceptualization of the data that appears, and then making a summary. The results of the research show that the role of Kh Hasyim Asyari figures in Islamic education in Indonesia is certainly in the development of Islamic education nationally in Indonesia at this time, both in terms of the role of cadre formation and the role of Beliu's da'wah in Islamic education in Indonesia, both through two means of struggle, namely in the form of establishing Tebuireng Islamic boarding school in Jombang and a forum for the unity of traditionalist Muslims called NU (Nahdlatul Ulama). So in the role of K.H. Hasyim Asy'ari also started from his concept and thoughts regarding Islamic education which had an impact on improving the morals/morals of students or santri as well as Indonesian society accompanied by the formation of vi the sugar cane ireng Islamic boarding school educational institution and the Nahdlatul Ulama religious organization. Keywords: Role, Hasyim Asy'ari, Islamic Education, Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:05
Last Modified: 12 Jul 2024 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item