ANALISIS PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PROSES PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Shela, Dian Damayanti (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PROSES PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BUKU ARTIKEL.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Abstrak Kata kunci: Pengembangan Sosial Emosional; Pendidikan Anak Usia Dini Perkembangan sosial emosional yang terlambat akan berdampak pada sulitnya bersosialisasi dengan lingkungan. Untuk itu perlunya pengembangan sosial emosional yang tepat. Tujuan penelitian untuk analisis pengembangan sosial emosional dalam proses pendidikan anak usia dini. Metode ini penelitian adalah Systematic Literature (Online) Journal Homepage: https://aulad.org/index.php/aulad Volume 7 Issue 2 2024, Page 304-313 ISSN: 2655-4798 (Printed); 2655-433X DOI:  Corresponding author: [syafrimen@radenintan.ac.id] Aulad : Jurnal Anak Usia Dini, 2020, 3(1), Halaman 1-19 Halaman 2dari 19 Riview. Pengumpulan data menggunakan basic scopus dan analisa dengan softwer Nvivo 12. Hasil penelitian diantaranya: kompetensi sosial emosional; (i) menjalin hubungan positif dengan teman sebaya, (ii). Memiliki rasa percaya diri,( iii). Kolaborasi dengan orang lain. Pengaturan diri; (i) belajar mengatur perilaku dan perhatian seseorang, (ii). mengelola emosi, Perilaku prososial; (i). membantu dan menghibur orang lain, (ii). Bekerja sama dengan teman sebaya, dan perilaku sosial emosional; (i).meniru, (ii). persaingan, (ii), simpati, (iv). empati, (v). dukungan sosial, (vi).negativisme, (vii).merusak dan, (viii). kolaborasi, (ix) berfikir tentang diri sendiri. Penelitian diyakini akan membantu guru dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini sesuai dengan karakteristik anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:27
Last Modified: 12 Jul 2024 08:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item