ANALISIS MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA ISLAM GLOBAL SURYA BANDAR LAMPUNG

Zu’ama, Anggun Larasat (2024) ANALISIS MODEL SMALL GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA ISLAM GLOBAL SURYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan model dalam pembelajaran tentunya sangat penting, karena hal itu dapat mempengaruhi keberlangsungan dari proses pembelajaran. Jika metode yang digunakan tepat, maka pembelaajaran akan berlangsung baik dan tentunya hasil belajarnya pun baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran small group discussion dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik di kelas X SMA Islam Global Surya Bandar Lampung. Dikarenakan model pembelajaran merupakan komponen yang sangat penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam pemilihan model pembelajaran sendiri tentunya akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jenis penenlitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptip dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data akan dianalisis menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, guna untuk mengolah hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Di Kelas X SMA Islam Global Surya Bandar Lampung. Hasil Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan model small group discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik PAI di Kelas X IPA SMA Islam Global Surya Bandar Lampung berjalan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan. Kegiatan pembelajaran diawali dengan menyampaikan tujuan dari pada materi asuransi, bank, dan koperasi Syariah. Selanjutnya guru memberikan pemahaman mendasar tentang materi asuransi, bank, dan koperasi Syariah menggunakan pemaparan slide PPT. Kemudian pendidik membentuk kelompok kecil menjadi 6 bagian kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik. Setelah terbentuknya 6 bagian kelompok, pendidik memberikan topik permasalahan kemudian peserta didik dapat mendiskusikannya bersama-sama. Hasil diskusi peserta didik trsebut dipaparkan dihadaapan teman-teman kelas secara bergantian. Model small group discussion dilakukan untuk mencapai tujuan awal pembelajaran. iii Kegiatan penutup sebagai proses penilaianpeserta didik setelah diberikan materi asuransi, bank, dan koperasi Syariah. Evaluasi pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran serta memperoleh nilai diatas KKM. Evaluasi dilakukan dengan memberikan lembar soal kepada peserta didik sesuai dengan tujuan yang dicapai untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan yang mereka terima yakni pertama,siswa telah mampu menjelaskan implementasi dari asuransi, bank, dan koperasi Syariah di masyarakat melalui hasil small group discussion. Kedua, siswa telah mampu menganalisis impelentasi dari asuransi, bank, dan koperasi Syariah melalui small group discussion. Ketiga, siswa telah mampu menyajikan paparan tentang asuransi, bank, dan koperasi Syariah dalam bentuk penelitian melalui hasil small group discussion. Keempat, siswa telah dapat menyatakan bahwa ketentuan fikih muamalah adalah ajaran agama melalui pemahaman sendiri. Kelima, siswa telah mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kepedulian social melalui hasil kegiatan small group discussion. Perolehan peningkatan hasil belajar ini dapat dibuktikan dengan hasil menjawab Latihan soal dengan perolehan rata-rata nilai “B” berjumlah 53,84%, sedangkan rata-rata nilai “A” berjumlah 46,15%. Kata Kunci: Pembelajaran, Small Group Discussion, Hasil Belajar, Peserta Didik iv ABSTRACT The use of models in learning is of course very important, because it can influence the continuity of the learning process. If the method used is appropriate, then learning will go well and of course the learning outcomes will be good. This research aims to determine the implementation of the small group discussion learning method in improving PAI learning outcomes for students in class X SMA Islam Global Surya Bandar Lampung. Because learning methods are a very important component in the ongoing learning process. Choosing your own learning method will certainly influence student learning outcomes. This type of research uses descriptive qualitative models with data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. And the data will be analyzed using data reduction techniques, data presentation and conclusion drawing, in order to process the results of research on the Application of Small Group Discussion Learning Methods in Improving Students' PAI Learning Outcomes in Class X SMA Islam Global Surya Bandar Lampung. The results of this study indicate that the implementation of the small group discussion model in Improving the Learning Outcomes of PAI Learners in Class X IPA SMA Islam Global Surya Bandar Lampung runs according to the predetermined planning. Learning activities begin with conveying the objectives of the insurance, bank, and Sharia cooperative material. Then the teacher forms small groups into 6 group sections with each group consisting of 5-6 students. After the formation of 6 parts of the group, the educator provides a problem topic then students can discuss it together. The results of the students' discussion are presented in front of classmates in turn. The small group discussion model is carried out to achieve the initial learning objectives. Closing activities as a process of assessing students after being given insurance material, banks, and Sharia cooperatives.The expected learning evaluation is in accordance with the learning objectives and obtains scores above the KKM.The evaluation is carried out by giving question sheets to students in accordance with the objectives achieved to find out how far the knowledge they receive v is first, students have been able to explain the implementation of insurance, banks, and Islamic cooperatives in the community through the results of small group discussions.Second, students have been able to analyze the implementation of Sharia insurance, banks, and cooperatives through small group discussions.Third, students are able to present an explanation of Sharia insurance, banks, and cooperatives in the form of research through the results of small group discussions.Fourth, students are able to state that the provisions of muamalah fiqh are religious teachings through their own understanding. Fifth, students have been able to foster an entrepreneurial spirit and social care through the results of small group discussion activities. The acquisition of this increase in learning outcomes can be proven by the results of answering the exercise questions with an average score of "B" totaling 53.84%, while the average score of "A" amounted to 46.15%. Keywords: Learning, Small Group Discussion, Learning Outcomes, Learners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:43
Last Modified: 11 Jul 2024 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33878

Actions (login required)

View Item View Item