IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MELALUI EKSPLORASI MINAT DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAS MATHLAUL ANWAR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Amar, Zany (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MELALUI EKSPLORASI MINAT DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAS MATHLAUL ANWAR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUSS.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER MELALUIEKSPLORASI MINAT DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAS MATHLAUL ANWAR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG Oleh: Amar Zany Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan SMA/MA yang masih mengalami kesulitan dalam mewujudkan karier untuk masa depannya. Pada dasarnya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menentukan perencanaan karier disebabkan karena kurangnya wawasan dan pengetahuan akan informasi mengenai bidang pendidikan ataupun bidang pekerjaan sehingga mengakibatkan kebingungan dalam penentuan karier. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa tindakan yang tepat, maka peserta didik lulusan SMA/MA akan semakin banyak lagi yang menjadi pengangguran. Sebagai bidang yang memiliki fokus dalam pencegahan masalah atau mengentaskan masalah yang dialami peserta didik, tentunya guru BK memberikan bimbingan yang membantu dalam proses pencegahan dan pengentasan masalah pada peserta didik. Salah satu bimbingan yang tepat untuk diberikan pada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membuat perencanaan karier adalah bimbingan karier, bimbingan ini perlu dilaksanakan untuk mengarahkan karier peserta didik ke arah karier yang baik dan berkualitas serta tepat, tentunya dengan mengedepankan sisi pribadi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik agar nantinya mampu bersaing dalam dunia global yang penuh dengan kompetisi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan natural setting (kondisi yang alamiah), teknik pengumpulan data lebih banyak dilakukan pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam iii penelitian ini, peneliti melakukan proses analisis data melalui tahapan; reduksi data, penyajian atau display data dan pemberian kesimpulan. Proses analisis data dibantu dengan bantuan program NVivo 12 Pro, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan karier melalui eksplorasi minat dilakukan secara klasikal, dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan pelaksanaan proyek individu bagi peserta didik berupa penggambaran alur sungai kehidupan dan pohon karier. Sedangkan kemampuan perencanaan karier peserta didik yang awalnya belum memahami serta merasa bingung mengenai minat karier yang mereka inginkan, setelah diberikan layanan bimbingan karier ternyata terdapat hasil yang positif, peserta didik sudah dapat mengetahui tentang informasi karier dan pemahaman potensi dalam diri mereka, meski tahapan pelaksanaan layanan yang diberikan belum maksimal diterapkan oleh guru BK, tetapi sudah cukup baik untuk membantu peserta didik dalam menambah informasi dan wawasan untuk menentukan pilihan kariernya. Jadi dengan adanya bimbingan karier tersebut dinilai dapat membantu peserta didik dalam merencanakan karier nya dimasa mendatang, membantu dalam pemahaman dirinya dengan lingkungannya, serta berguna untuk mengetahui kondisi dunia pekerjaan pada saat ini yang nantinya menjadi bekal yang dapat diaplikasikan dalam persaingan dunia kerja setelah lulus sekolah, kegiatan eksplorasi pada saat pelaksanaan layanan bimbingan karier juga merupakan kegiatan dalam mencari dan menghimpun informasi untuk memperkaya pengalaman dan mengelola informasi sehingga dapat menentukan pilihan karier yang sesuai dengan minat dan bakat dalam dirinya. Kata Kunci: Bimbingan Karier, Eksplorasi Minat, Perencanaan Karier. iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF CAREER GUIDANCE SERVICESTHROUGH EXPLORATION OF INTEREST IN IMPROVING STUDENT CAREER PLANNING CLASS XI AT MAS MATHLAUL ANWAR LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG By: Amar Zany This thesis is motivated by the large number of high school / MA graduates who still have difficulties in realizing careers for their future. Basically, students who have difficulty in determining career planning are caused by lack of insight and knowledge of information about the field of education or field of work, resulting in confusion in determining careers. If this condition is left without proper action, then more and more students who graduated from high school / MA will become unemployed. As a field that has a focus on preventing problems or alleviating problems experienced by students, of course, BK teachers provide guidance that helps in the process of preventing and alleviating problems in students. One of the right guidance to be given to students who have difficulty in making career planning is career guidance, this guidance needs to be carried out to direct the careers of students towards a good and quality and appropriate career, of course by prioritizing the personal side and skills possessed by students so that later they can compete in a global world full of competition. The method used in this research is qualitative field research with a descriptive approach. In this study data collection was carried out in a natural setting, data collection techniques were mostly carried out in observation, interviews and documentation. In this study, researchers carried out the process of data analysis through stages; data reduction, presentation or display of data and provision of conclusions. The data analysis process is assisted with the help of the v NVivo 12 Pro program, while the data validity technique uses triangulation techniques. The results showed that the implementation of career guidance services through interest exploration was carried out classically, using lecture, discussion, and question and answer methods and the implementation of individual projects for students in the form of depictions of life streams and career trees. While the career planning ability of students who initially did not understand and felt confused about the career interests they wanted, after being given career guidance services turned out to have positive results, students were able to find out about career information and understanding their potential, even though the stages of implementing the services provided had not been maximally applied by BK teachers, but were good enough to help students in adding information and insights to determine his career choices. So with the career guidance, it is considered to be able to help students in planning their careers in the future, help in understanding themselves with their environment, and are useful for knowing the current conditions of the world of work which will later become provisions that can be applied in the competition of the world of work after graduating from school, Exploration activities during the implementation of career guidance services are also activities in finding and collecting information to enrich experience and manage information so that they can determine career choices that suit their interests and talents. Keywords: career guidance, interest exploration, career planning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:17
Last Modified: 11 Jul 2024 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33872

Actions (login required)

View Item View Item