PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUS, EXPLAIN, DAN CREATE) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP NEGERI 16 KRUI

A.FAIZAL, MASTORI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUS, EXPLAIN, DAN CREATE) BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS 7 DI SMP NEGERI 16 KRUI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi A Faizal Mastori.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia sendiri kemandirian belajar yang dimiliki oleh peserta didik masih relatif rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya di beberapa sekolah yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbantuan Google Classroom terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di SMP N 16 Krui. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Design type Nonequivalent Control Group Design dengan metode Posttest Only. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menggunakan soal uraiakan indictor kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar. Data dianalisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan SPSS dan dilakukan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peserta didik kelas eksperimen memiliki kemampuan berpikir kritis lebih unggul 57% dibandingkan kelas kontrol. Kemandirian belajar kelas eksperimen juga lebih besar 60% dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik. Kata Kunci: RADEC; Kemandirian Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis; Google Classroom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:58
Last Modified: 11 Jul 2024 05:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33869

Actions (login required)

View Item View Item