KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 1 BUAY MADANG SUMATERA SELATAN

RENALDI, SONI FERNANDA (2024) KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 1 BUAY MADANG SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RENALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Disekolah disiplin merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap siswa baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.Sikap disiplin didalam lingkungan sekolah yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik yaitu disiplin dalam berpakaian, kehadiran, pengaturan waktu belajar, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Salah satu sikap tidak disiplin yang sering terjadi disekolah adalah peserta didik tidak dating tepat waktu ( terlambat ), sering alpha (membolos) dan sering tidur dikelas pada saat jam pelajaran sedang berlangsung.Dari Latar belakang di atas maka penelitian ini memfokuskan masalah sebagai berikut “Bagaimana Teknik Konseling Kontrak Perilaku mampu Meningkatkan Kedisiplinan Siswa-siswi SMP Negeri 1 Buay Madang. Dengan disiplin, Setidaknya siswa mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi,sumber data dari penelitian ini yaitu, 1 Guru BK dan siswa kelas VIII siswa dari bermasalah tentang kedisiplinan. Jadi jumlah keseluruhan data peneliti adalah 6 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, proses terapi dilakukan dengan menggunakan teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin siswa. Dan hasilakhir dari proses konseling ini tergolong berhasil karena dapat memenuhi empat indicator keberhasilan.Dalam penelitian ini ditemukan bahwa proses teknik kontrak perilaku dalam meningkatkan sikap disiplin siswa melalui beberapa tahapann, yakni: 1. Membuat dapur pribadi dengan konseli; 2. Rasional kontrak perilaku; 3. Membuat kesepakatan bersama antara konselor dan konseli terhadap aturan-aturan terkait kontra perilaku; 4. Memilih tingkah laku yang diubah dengan menggunakan analisisABC; 5. Menentukan data awal ( baseline data ) dan kriteria tingkah laku yang akan diubah dan dicapai dalam kontrak; 6. Menentukan jenis penguatanyang akan diterapkan beserta jadwal pemberian penguatannya; 7. Memberikan reinforcment setiap kali tingkah laku yang diinginkanditampilkan sesuai jadwal kontrak; 8. Memberikan penguatan pada setiap saat tingkah laku yang diinginkan menetap Kata kunci: Konseling, Kedisiplinan,Kualitatif. ABSTRACT At school discipline is an attitude that every student must have both inside and outside the school environment. From the background above, this research focuses on the following problem: "How can Behavioral Contract Counseling Techniques Improve the Discipline of Students at SMP Negeri 1 Buay Madang?" With discipline, at least students are able to be responsible for themselves. This research uses a qualitative method with purposive sampling field research. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data sources for this research were 1 guidance counselor and class VIII students who had problems with discipline. So the total number of researchers' data is 6 people. The data analysis technique used is data presentation and drawing conclusions. In this research, the therapy process was carried out using behavioral contract techniques to improve students' disciplinary attitudes. And the final result of this counseling process is classified as successful because it meets four indicators of success. These results can be seen through changes in the counselee's self towards being better and being able to be more disciplined. In this research, it was found that the behavioral contract technique process in improving students' disciplinary attitudes went through several stages, namely: 1. Creating a private kitchen with the counselee; 2. Rational contract behavior; 3. Make a mutual agreement between the counselor and the counselee regarding the rules regardingcounter-behavior; 4. Select changed behavior using ABC analysis; 5. Determine the initial data (baseline data) and behavioral criteria that will be changed and achieved in the contract; 6. Determine the type of reinforcement that will be applied along with the reinforcement schedule; 7. Provide reinforcement every time the desired behavior is displayed according to the contract schedule; 8. Provide reinforcement every time the desired behavior persists. Keywords: Counseling, Discipline, Qualitative.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:35
Last Modified: 10 Jul 2024 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33862

Actions (login required)

View Item View Item