PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN LKPD ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

RENI, MELIAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN LKPD ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi RENI MELIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis adalah rangkaian tahapan pemecahan masalah, meliputi menganalisis ide, menemukan masalah, mengkaji, memilih, dan menghubungkan untuk memperoleh kemampuan yang lebih sempurna. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis terjadi di karenakan siswa kesulitan dalam memahami soal yang diberikan serta kurangnya keinginan dalam mengingat rumus, seperti ketika siswa mendapatkan soal latihan yang berbeda dari contoh soal yang telah dibahas, mereka merasa kebingungan dan tidak mampu mendeskripsikan langkah-langkah dalam menganalisa soal, serta menghubungkan soal tersebut ke dalam materi soal selanjutnya, hal ini disebabkan kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbantuan LKPD Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Desain dimana populasinya adalah siswa kelas VII SMP Amal Bakti Lampung Selatan, dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel dua kelas eksperimen yaitu VII C dan VII A dan satu kelas kontrol yaitu VII B dengan masing-masing kelas terdiri dari 23 siswa. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam peneltian ini adalah uji ANOVA satu jalan dengan menggunakkan SPSS dan nilai sig. . Berdasarkan hasil uji hipotesis N-gain berpikir kritis pada materi Segi empat dan Segitiga diperoleh nilai yang berarti sehingga ditolak. Dengan dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan model Reciprocal Teaching berbantuan LKPD Etnomatematika lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dari komprasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model Reciprocal Teaching berbantuan LKPD Etnomatematika lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching saja. (2) model Reciprocal Teaching berbantuan LKPD Etnomatematika lebih baik dibandingkan kelas pembelajaran konvensional. (3) model Reciprocal Teaching lebih baik dibandingkan kelas dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Reciprocal Teaching, LKPD Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:44
Last Modified: 10 Jul 2024 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item