IMPLEMENTASI PASAL 88A PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA MENURUT FIQIH SIYASAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

CHANDRA, HARI WIBOWO (2024) IMPLEMENTASI PASAL 88A PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA MENURUT FIQIH SIYASAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CHANDRA SKRIPSI FULL NEW..pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of CHANDRA SKRIPSI 1,3,5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Upah adalah uang dan berbagai hal yang dibayarkan sebagai pembalas jasa atau kompensasi tenaga karena sudah dikeluarkan untuk mengerjakan sesuatu, sesuai dengan pasal 88A ayat (1) upah adalah hak pekerja yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan dan ayat (2) pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung sebagai pemberi kerja harus memenuhi hak-hak pekerja penyapu jalan dimana pemerintahan sudah seharusnya menerapkan peraturan tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung belum menjalankan atau menerapkan peraturan pemerintah sebagaimana mestinya. Hal ini diketahui di lapangan masih ada petugas kebersihan yang masih belum memperoleh hak�haknya para pekerja penyapu jalan ini telah menyelesaikan pekerjaannya namun upah mereka belum dibayar. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah. Bagaimana implementasi pasal 88a peraturan pemerintah pengganti undang-undang republik indonesia nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja menurut fiqih siyasah? Bagaimana pandangan fiqih siyasah tanfidziyah terhadap pelaksanaan pasal 88a peraturan pemerintah pengganti undang�undang republik indonesia nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja terhadap keterlambatan pembayaran upah petugas kebersihan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya deskriptif, sumber datanya berasal dari hasil penelitian lapangan dan kepustakaan. Adapun tenik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi, dan dokumentasi, kemudian analisa data dilakukan dengan penyajian data, reduksi data, dan penyajian hasil penelitian. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Implementasi Implementasi Pasal 88A Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Cipta Kerja terhadap upah petugas kenbersihan DLH Kota Bandar Lampung sudah terimplementasi tetapi sedikit terlambat. Kata Kunci: Fiqh Siyasah Tanfidziyah, Peraturan Pemerintah, Petugas Kebersihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:05
Last Modified: 10 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33847

Actions (login required)

View Item View Item