TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN YANG DIRUMAHKAN OLEH PERUSAHAAN (Studi di PT. Rudi Karya Langgeng Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung)

Bayu, Nugraha Putra (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN YANG DIRUMAHKAN OLEH PERUSAHAAN (Studi di PT. Rudi Karya Langgeng Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Bayu Nugraha Putra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Rudi Karya Langgeng, sebagai perusahaan yang berfokus pada jasa konstruksi dan pemborong proyek pembangunan, menerapkan sistem pembayaran gaji atau upah karyawan yang sesuai dengan standar umum. Proses ini dilakukan secara bulanan, sejalan dengan kesepakatan kerja yang telah ditetapkan. Gaji karyawan diberikan setelah mereka menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan bagian masing-masing. Dalam situasi di mana perusahaan belum mendapatkan proyek pembangunan, karyawan yang terlibat dapat mengalami periode dirumahkan sementara hingga perusahaan menerima proyek baru. Meskipun dalam masa dirumahkan, beberapa karyawan tetap menerima upah bulanan dengan nominal setengah dari upah yang biasanya mereka terima, dan ada juga karyawan yang hanya menerima sekitar 2 bulan dan ada yang tidak menerima upah sama sekali pada saat pertama kali dirumahkan. Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan strategi manajemen yang lebih efisien untuk mengatasi ketidakpastian dalam mendapatkan proyek,. dalam hal ini salah satu pihak merasa tidak adanya keadilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana praktik pembayaran gaji karyawan yang dirumahkan di PT. Rudi Karya Langgeng Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung? Bagaimana Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap pembayaran gaji karyawan yang dirumahkan di PT. Rudi Karya Langgeng Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research), dan sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data yaitu, editing dan sistematis data, kemudian data analisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan. Pertama, PT. Rudi Karya Langgeng telah membuat kesepakatan atau akad antara perusahaan dan karyawan dalam sistem gaji selama karyawan dirumahkan. Perjanjian yang disepakati antara kedua belah pihak disebutkan bahwa karyawan tidak menerima gaji dalam bentuk apapun kurun waktu yang tidak ditentukan. Namun dalam pelaksanaan, terjadinya ketidak adilan dari setiap karyawan yang bekerja belum lama di perusahaan. Beberapa karyawan yang bekerja diatas 10 tahun masih menerima gaji setiap bulannya namun karyawan yang bekerja dibawah 10 tahun tidak menerima gaji. Kedua, Pembayaran gaji karyawan yang dirumahkan di PT. Rudi Karya Langgeng Pembayaran upah terhadap karyawan dirumahkan pun belum sesuai dengan hukum Islam yaitu prinsip pembayaran upah atau ijarah yaitu adil. Karna tidak sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat oleh perusahaan dimana gaji tidak akan diberikan selama seluruh karyawan dirumahkan hingga waktu yang tidak ditentukan.. Pembayaran gaji karyawan yang dirumahkan oleh perusahaan belum sesuai dengan hukum positif yaitu di dalam Peraturan Pemerintah No 36 Tahun 2021 tentang pengupahan pada Pasal 2 ayat (2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:13
Last Modified: 09 Jul 2024 08:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33842

Actions (login required)

View Item View Item