TINJAUAN SIYᾹSAH MᾹLIYAH TERHADAP STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA YANG BERDAMPAK KEPADA EKONOMI MASYARAKAT (Studi di Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

ELMA, APRIYANA (2024) TINJAUAN SIYᾹSAH MᾹLIYAH TERHADAP STRATEGI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA YANG BERDAMPAK KEPADA EKONOMI MASYARAKAT (Studi di Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ELMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan juga Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah memberikan hak kepada desa untuk mengatur daerah urusannya. Pemerintah desa dalam meningkatkan pendapatan asli desa memiliki hak dan wewenang secara luas memanfaatkan kekayaan desa. Menyangkut sumber pendapatan desa, upaya pengerahan sumber daya untuk mengembangkan potensi ekonomi rakyat akan meningkatkan produktivitas rakyat, sehingga baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam di sekitar rakyat dapat ditingkatkan produktivitasnya. Kajian penelitian ini, rumusan masalahnya adalah bagaimana strategi peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak pada ekonomi masyarakat dan bagaimana tinjauan siyāsah māliyah terhadap strategi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak pada ekonomi masyarakat dan bagaimana tinjauan siyāsah māliyah terhadap strategi tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai staff pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Analisa data yang dilakukan secara kualitatif, penglolahan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif yaitu pembahasan yang didasarkan pada pola pemikiran yang bersifat umum kemudian disimpulkan dalam arti khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak pada ekonomi masyarakat di pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat adalah dengan mendirikan badan usaha milik desa, mengembangkan wisata pantai, dan juga adanya pasar desa. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah strategi peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak pada ekonomi masyarakat di pekon Ngambur sudah memberikan kontribusinya meskipun tidak banyak. Tinjauan siyāsah māliyah terhadap peningkatan pendapatan asli desa yang berdampak pada ekonomi masyarakat dipekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur telah sesuai dengan prinsip kemaslahatan yaitu mementingkan kepentingan orang banyak daripada kepentingan individu. Kata kunci: pendapatan asli desa, siyāsah māliyah, pemerintah desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:49
Last Modified: 09 Jul 2024 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33837

Actions (login required)

View Item View Item