TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIKAP ISTRI YANG MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA TERHADAP SUAMI YANG HOMOSEKSUAL (Studi Kasus di Pekon Sukaraja Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus)

ALDI, PRAMANA (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SIKAP ISTRI YANG MEMPERTAHANKAN RUMAH TANGGA TERHADAP SUAMI YANG HOMOSEKSUAL (Studi Kasus di Pekon Sukaraja Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ALDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini karena suami menyukai sesama jenis atau bisa dibilang homoseksual. Pernikahan yang sudah berjalan 1 tahun lebih selama pernikahan itu istri mencurigai suami, dalam kasus ini istri tetap mempertahankan pernikahan tersebut dengan alasan bahwasaanya apabila bercerai membuat malu keluarga karena pernikahan masih berjalan 1 tahun lebih di sisi lain juga istri sedang hamil yang dimana anak tersebut dalam kandungan membutuhkan nafkah atau kebutuhan yang harus dipenuhi oleh suami karena dalam keadaan hamil. Maka istri bersikeras untuk melindungi dan merawat anak tersebut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kedepannya terutama kepada janin yang ada dalam kandungannya dan hal-hal tersebut yang membuat istri mempertahankan pernikahannya sampai saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana sikap istri mempertahankan rumah tangga terhadap suami yang homoseksual di desa Sukaraja Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggamus dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sikap istri yang mempertahankan rumah tangga tersebut sebagaimana yang ada di desa Sukaraja Atas Kecamatan Gunung Alip Kabupaten Tanggaamus. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode menghasilkan data deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan dilakukan dengan mengkaji data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Sikap istri dalam mempertahankan rumah tangga terhadap suami homoseksual yang dialami oleh LU dan YN keduanya mengalami rasa syok, sedih, dan marah saat itu. Istri memiliki rasa penasaran dan keingintahuan mengenai permasalahan yang dihadapi, sehingga ia ingin mempelajari mengenai permasalahannya lebih lanjut. Sikap istri untuk mempertahankan rumah tangga terhadap suami homoseksual LU dan YN tetap berusaha untuk menemani dan membantu suami agar tetap berjalan lurus di jalan Tuhan Yang Maha Esa karena percaya bahwa ada hidayah yang didapatkan dibalik masalah yang mereka dapatkan. Sikap istri dalam mempertahankan rumah tangga terhadap suami homoseksual dalam pandangan hukum Islam terdapat beberapa sikap istri terhadap suami homoseksual yaitu memberikan kesempatan dan mengajukan cerai. Sikap LU dan YN terhadap suami homoseksual dengan memberikan kesempatan untuk berubah dan memberikan motivasi dan dorongan yang kuat untuk sembuh dari penyakit yang di hadapi adalah sikap yang sesuai dalam hukum Islam. Jika dilihat dari segi kepentingan maslahah maka suami yang homoseksual tidak menjalankan kewajibannya memberikan nafkah batin termasuk maslahah dharuriyah. Maslahah dharuriyah yaitu kemaslahatan yang berkaitan dengan kebutuhan primer umat manusia di dunia dan di akhirat. Kata Kunci: Hukum Islam, Rumah Tangga, Homoseksual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:14
Last Modified: 09 Jul 2024 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33815

Actions (login required)

View Item View Item