PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO

DIMAS, WISNU WIJAYA (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DIMAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menjelaskan tentang pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management oleh guru BK untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap aturan dan perintah sehingga individu dapat mengembangkan kemampuan bertujuan mendisiplinkan pribadinya menjadi salah satu kedewasaan diri. Kedisiplinan pada peserta didik bisa dilihat dengan bagaimana ketaatannya pada aturan yang tentunya sudah berlaku di sekolah, seperti jam yang sudah ditentukan untuk masuk kelas dan sekolah, jam pulang sekolah, ketaatan peserta didik dan kepatuhan dalam peraturan yang ada disekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, dan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Metro. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan cara mendeskripsi data. Dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kedisplinan peserta didik guru BK menggunakan beberapa keterampilan dasar konseling dalam proses konselingnya, diantaranya: pada tahap pembukaan yaitu membangun attending, refleksi, dorongan minimum, kemudian untuk tahap ekspolari yaitu pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup. Keadaan peserta didik setelah diberikan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengatasi kedisiplinan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Metro dapat dilihat bahwa siswa sudah mampu meningkatkan pemahaman dalam mengatasi kedisiplinan mematuhi aturan tata tertib di sekolah dengan baik. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Self Management, Kedisiplinan iii ABSTRACT This study describes the implementation of group counseling services with self management techinue by counseling teachers to improve student discipline. Discipline is defined as obedience to rules and orders so that individuals can develop abilities aimed at disciplining their personality to become one of self-maturity. Discipline in students can be seen by their obedience to the rules which of course already apply at school, such as the hours that have been determined for entering class and school, school hours, student obedience and compliance with existing rules at school. The purpose of this study was to find out the implementation of group counseling services with self management techniue in improving the discipline of Muhammadiyah 1 Metro high school students. This study used a qualitative approach with a descriptive research type. While the informants in this study were school principals, counseling teachers, subject teachers, and students of SMA Muhammadiyah 1 Metro. In collecting data using observation techniques, interviews and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis by describing the data. In implementing group counseling services using self�management techniques to increase students' discipline, guidance and counseling teachers use several basic counseling skills in the counseling process, including: at the opening stage, namely building attendance, reflection, minimum encouragement, then for the exploration stage, namely open questions, closed questions. The condition of the students after being provided with group counseling services using self-management techniques to overcome the discipline of Muhammadiyah 1 Metro High School students can be seen that the students have been able to increase their understanding in overcoming discipline in obeying school rules and regulations well. Keywords: Group Counseling, Self Management, Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:21
Last Modified: 08 Jul 2024 09:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33805

Actions (login required)

View Item View Item