IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI TK AL�KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

DINA, SEFTIANA (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI TK AL�KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DINA SEFTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di Indonesia berkembang sesuai perkembangan zaman yang membuat kebijakan pemerintah menjadi berubah-ubah. Era globalisasi menjadi tantangan terbesar bagi dunia pendidikan. Pada era milenial guru dituntut menjadi guru yang kreatif, inovatif, dan terampil agar melahirkan generasi yang berpengetahuan luas serta memiliki perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila di TK Al Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa dimensi-dimensi tersebut diimplementasikan melalui berbagai kegiatan, seperti pembiasaan akhlak dan budi pekerti, pengenalan budaya melalui projek, kegiatan bergotong royong yang menyenangkan, pembiasaan kemandirian, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan penggalian kreativitas anak. Guru-guru yang kreatif, inovatif dan berpengalaman menerapkan model pembelajaran berpusat pada siswa, memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi konsep-konsep pancasila melalui kegiatan yang menyenangkan dan beragam. Kerjasama dari semua pihak, termasuk kepala sekolah, guru, wali murid dan mitra sekolah juga berperan penting dalam kesuksesan implementasi ini. Kata Kunci : Implementasi; Profil Pelajar Pancasila; Anak Usia Dini iii ABSTRACT Education in Indonesia develops according to the times which makes government policies change. The era of globalization is the biggest challenge for education. In the millennial era, teachers are required to be creative, innovative, and skilled teachers in order to produce a generation that is knowledgeable and has behavior in accordance with the values of Pancasila. This research aims to find out how teachers implement the Pancasila learner profile at Al Kautsar Kindergarten. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The findings show that these dimensions are implemented through various activities, such as moral and ethical habituation, introduction to culture through projects, fun mutual cooperation activities, habituation of independence, development of critical thinking skills and exploration of children's creativity. Teachers who are creative, innovative and experienced in implementing student-centered learning models allow children to explore the concepts of Pancasila through fun and diverse activities. Cooperation from all parties, including principals, teachers, guardians and school partners also plays an important role in the success of this implementation. Keywords : Implementation; Pancasila Learner Profile; Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:49
Last Modified: 08 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33802

Actions (login required)

View Item View Item