ADAB MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF SYAIKH MUHAMMAD SYĀKIR DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ABĀI LIL ABNĀI

Tri, Sukmawati (2024) ADAB MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF SYAIKH MUHAMMAD SYĀKIR DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ABĀI LIL ABNĀI. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI SUKMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ADAB MENUNTUT ILMU PERSPEKTIF SYAIKH MUHAMMAD SYĀKIR DALAM KITAB WAṢĀYĀ AL-ABĀI LIL ABNĀI Pada hakikatnya, manusia diciptakan untuk beribadah kepada tuhan dan menjadi khalifah di bumi, diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk. Di bumi ini manusia membutuhkan bimbingan dan pendidikan dalam hidupnya. Dengan pendidikan tersebut manusia mendapatkan petunjuk. Pentingnya adab dalam menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari. Adab dalam menuntut ilmu menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan, namun banyak peserta didik yang kurang memahaminya. Maraknya masalah perilaku negatif dalam dunia pendidikan menuntut perlunya perubahan dan pengajaran adab. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Adab Menuntut Ilmu Perspektif Syaikh Muhammad Syākir dalam Kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana adab menuntut ilmu bersungguh-sungguh dan semangat? (2) bagaimana adab menuntut ilmu memanfaatkan waktu? (3) bagaimana adab menuntut ilmu memuliakan pendidik? (4) bagaimana adab menuntut ilmu tawakal? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan dalam menganalisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana tidak menguji hipotesis tertentu, melainkan menyajikan data apa adanya sesuai dengan keadaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Pentingnya kesungguhan dan semangat dalam menuntut ilmu, (2) Pemanfaatan waktu secara optimal untuk belajar, (3) Menghormati dan memuliakan pendidik sebagai pewaris ilmu, dan (4) Sikap rendah hati (tawadhu’) sebagai kunci keberkahan dan keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini menunjukkan bahwa ajaran Syaikh Muhammad Syākir sejalan dengan pandangan ulama lainnya dalam menekankan empat faktor ini untuk mencapai kesuksesan dalam menuntut ilmu. Kata Kunci: Adab, Menuntut Ilmu, Kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi, Syaikh Muhammad Syākir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:31
Last Modified: 08 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33791

Actions (login required)

View Item View Item