IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

FIKRI, HANIF (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Fikri Hanif BAB 1&2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of ful skripsi fikri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam implementasi pembelajaran aktif model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, merupakan proses pembelajaran yang harus menciptakan kegiatan belajar yang aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan langkah�langkah sesuai dengan teori yang ada serta faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan implementasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data dari kata-kata dan dokumen-dokumen yang menunjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam di Sma Negeri 3 Bandar Lampung, serta Siswa- Siswi Sma Negeri 3 Bandar Lampung Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di Sma Negeri 3 Bandar Lampung yakni proses dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran aktif model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) ini mampu membangun keaktifan dan kemampuan siswa dalam belajar, memberikan banyak kesempatan bagi siswa dan guru untuk mengeksplore topik-topik pelajaran secara lebih mendalam memberi keleluasaan dalam kegiatan belajar dalam menggunakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yakni tipe teams games tournament (TGT) serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam kegiatan ini guru pendidikan agama islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran pendidikan agama islam terbagi menjadi dua yaitu Pada proses implementasi pembelajaran aktif model kooperatif tipe teams games di SMA Negeri 3 Bandar Lampung melakukan proses kegiatan berdasarkan teori dan menggunakan media pendidikan agama islam, menciptakan pembelajaran aktif, dapat memberi pengetahuan luas dalam keagamaan maupun diluar keagamaan yang dapat membuat siswa memiliki akhlak yang baik dalam belajar, beribadah dan lebih aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penerapan langkah-langkah pembelajaran aktif model iv kooperatif tipe teams games tournament, pelaksanaannya telah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh SMA Negeri 3 Bandar Lampung, belajar dengan menggunakan metode dan media yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan sehingga tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih aktif dapat terlaksana dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran Aktif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), PAI dan Budi Pekerti v ABSTRACT The aim of implementing active learning in the Teams Games Tournament (TGT) type cooperative learning model is to increase student activity in learning, a learning process that must create active learning activities in the learning process by using steps in accordance with existing theory as well as supporting factors and obstacles in learning implementation activities. This research uses a qualitative descriptive approach, the data collected is not in the form of numbers but data from words and supporting documents. The type of research used is field research. The research subjects were Islamic Religious Education Teachers at State High School 3 Bandar Lampung, as well as Students at State High School 3 Bandar Lampung Based on the results of research that researchers have conducted at Sma Negeri 3 Bandar Lampung, namely the process of implementing active learning steps, the teams games tournament (TGT) type cooperative learning model is able to build students' activeness and ability in learning, providing many opportunities for students and teachers to exploring lesson topics in more depth provides flexibility in learning activities in using one type of cooperative learning model, namely the teams games tournament (TGT) type and is able to improve student learning achievement in both academic and non-academic fields. In this activity, Islamic religious education teachers in improving learning achievement in Islamic religious education subjects are divided into two, namely: In the process of implementing active learning, cooperative model, team games type at SMA Negeri 3 Bandar Lampung, carrying out activity processes based on theory and using Islamic religious education media, creating Active learning can provide extensive knowledge within religion and outside of religion which can make students have good morals in studying, worshiping and being more active in achieving learning goals. In implementing active learning steps in the cooperative model, teams games tournament type, the implementation has gone according to what was expected by SMA Negeri 3 Bandar Lampung, learning using various methods and media according to needs so that the aim is to improve student learning outcomes to become more active. can be implemented well. Keywords: Active Learning, Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT), PAI and Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:43
Last Modified: 03 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33762

Actions (login required)

View Item View Item