PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

Santina, Sherly Waya (2018) PENGARUH METODE PRAKTIKUM BERBASIS JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum berbasis jelajah alam sekitar terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains pada sub materi klasifikasi tumbuhan kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan Quasy Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi keterampilan proses sains, tes keterampilan proses sains. Uji hipotesis dalam penelitian ini diantaranya uji normalitas, uji homogenitas, uji t independent. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, rata-rata nilai pretest-posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen masing-masing 77 dan 85 dengan nilai N-Gain 0,34. Sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata pretest-posttest keterampilan proses sains masing-masing 70 dan 75, dengan N-Gain 0,17. Berdasarkan hasil nilai rata-rata presentasi keterampilan proses sains di kelas eksperimen yang diukur dengan lembar observasi sebesar 83,88 dengan kategori baik serta indikator tertingggi yaitu indikator menafsirkan sebesar 90,83 dan indikator menggunakan alat/bahan/sumber sebesar 73,33. Hasil penelitian data yang dihitung dari uji-t nilai posttest menujukkan bahwa thitung = 7,28 lebih besar dari ttabel = 2,001, sehingga thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa h1 diterima, artinya terdapat pengaruh peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan pembelajaran melalui metode praktikum berbasis jelajah alam sekitar. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS), Metode Praktikum Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 16 Mar 2018 07:06
Last Modified: 16 Mar 2018 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item