PENGARUH RELIGIUS STIMULI DAN REPUTASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI JIWA SYARIAH KOTA BANDAR LAMPUNG ( Studi Pada Nasabah Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, Bandar Lampung )

PINKKY, ASSYIFA RAMONA (2024) PENGARUH RELIGIUS STIMULI DAN REPUTASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH ASURANSI JIWA SYARIAH KOTA BANDAR LAMPUNG ( Studi Pada Nasabah Asuransi Jiwa Syariah Al Amin, Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi pinkky.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Keputusan masyarakat dalam memilih suatu hal dapat berdampak pada masyarakat itu sendiri termasuk dalam hal memilih tempat asuransi jiwa. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut diantranya religiusitas seseorang dan reputasi tempat asuransi jiwa itu sendiri. Perilaku ekonomi religius, sebagai bagian dari perilaku iman dapat dibangun dengan memanfaatkan teori�teori Islam. Kesadaran iman pada dasarnya merupakan kesadaran biasa, sebagai gejala keagamaan yang menunjuk pada tumbuhnya pengertian tentang sesuatu. Faktor lain yang mendorong seseorang berminat menjadi nasabah asuransi adalah reputasi. Reputasi perusahaan merupakan persepsi konsumen terhadap nama baik atau citra perusahaan. Reputasi juga membuat konsumen lebih percaya untuk melakukan kerjasama jangka panjang. Jenis penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang sedang berlaku, di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis, dan menginterprestasikan kondisi�kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan uji reliabilitas, validitas, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.00 versions for windows. Berdasarkan hasil uji satistik secara parsial dan simultan menunjukan bahwa variabel religius stimuli dan reputasi memiliki pengaruh yang menunjukan arah sejajar terhadap keputusan nasabah. Hasil tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis (t) pada pengaruh religius stimuli terdahap keputusan nasabah yang memiliki hasil Thitung sebesar 2.217 dengan nilai signifikansi 0.002. Selain itu, reputasi juga memiliki pengaruh yang segnifikan terhadap keputusan nasabah yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (t) yang memiliki hasil Thitung sebesar 3.018 dengan nilai signifikansi 0.001. Hal ini berarti bahwa Thitung > Ttabel maka H1 dan H2 diterima. Kata kunci: Religius Stimuli, Reputasi, Keputusan Nasabah iv ABSTRACT People's decisions in choosing something can have an impact on the community itself, including when choosing a life insurance provider. There are two factors that influence this decision, namely a person's religiosity and the reputation of the life insurance company itself. Religious economic behavior, as part of faith behavior, can be built by utilizing Islamic theories. Awareness of faith is basically an ordinary awareness, as a religious symptom that points to a growing understanding of something. Another factor that encourages someone to be interested in becoming an insurance customer is reputation. Company reputation is the consumer's perception of the company's good name or image. Reputation also makes consumers more confident in carrying out long-term collaboration. This research is quantitative descriptive research which aims to describe what is currently happening, in which there are efforts to describe, record, analyze and interpret conditions that are currently occurring or existing. The data used in this research is secondary data which was analyzed using reliability, validity, multiple linear regression tests, and hypothesis testing using the SPSS 22.00 version for Windows application. Based on the results of partial and simultaneous statistical tests, it shows that the religious stimuli and reputation variables have an influence that shows a parallel direction on customer decisions. These results are proven by hypothesis testing (t) on the influence of religious stimuli on customer decisions which has a T count of 2.217 with a significance value of 0.002. Apart from that, reputation also has a significant influence on customer decisions as proven by the results of the hypothesis test (t) which has a T count of 3.018 with a significance value of 0.001. This means that Tcount > Ttable then H1 and H2 are accepted. Keywords: Religius Stimuli, Reputation, Customer Decisions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:45
Last Modified: 01 Jul 2024 05:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33715

Actions (login required)

View Item View Item