PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SISWA KELAS IV SDN 1 WAY DADI BANDAR LAMPUNG

RAYUNDA, Tubagus Syamsuri (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN PRAKARYA SISWA KELAS IV SDN 1 WAY DADI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1 - 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAYUNDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran seni budaya dan prakarya siswa SDN 1 Way Dadi, Bandar Lampung. Dimana dari hasil pra penelitian diketahui sebanyak 63.54% siswa yang masih memperoleh nilai dibawah rata-rata atau dibawah KKM 75. Permasalahan tersebut disebebkan kurangnya media dan sumber belajar yang mendukung terlaksananya proses belajar dengan baik, selain itu sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran yang masih kurang. Hal-hal tersebutlah yang membuat hasil belajar seni budaya dan prakarya siswa menjadi rendah. Dalam mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan media pembelajaran video animasi berbasis canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Way Dadi, bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Eksperimental, dimana penelitian ini mempunyai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian Quasy Eksperimen adalah penelitian dengan pembentukan dua kelompok pembanding dengan menggunakan rancangan sample Simple Random Sampling atau sampling kelompok yaitu pengambilan sampel secara acak terhadap kelas atau kelompok. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, maka didapatkan hasil Sig sebesar 0,000 untuk hasil belajar kognitif siswa, dan Sig. sebesar 0.001 untuk hasil belajar psikomotorik siswa, dimana keduanya kurangdari atau < α = 0,05 yang berarti H0 ditolak, dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media video animasi berbasis canva terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Way Dadi, Bandar Lampung, Kata Kunci: Media Video Animasi , hasil belajar, Seni Budaya dan Prakarya. iii ABSTRACT This research was motivated by the low learning outcomes in arts, culture and crafts subjects for students at SDN 1 Way Dadi, Bandar Lampung. Where from the pre-research results it is known that 63,54% of students still got scores below the average or below 75. This problem is caused by a lack of media and learning resources that support the implementation of the learning process well, in addition to the lack of facilities and infrastructure to support the learning process. This is what makes students' learning outcomes for arts and culture and crafts low. In overcoming this problem, researchers used Canva-based animated video learning media. The aim of this research is to determine the effect of using Canva-based animated video media on the learning outcomes of class IV students at SDN 1 Way Dadi, Bandar Lampung. This research method uses quantitative methods. The type of research used is the Quasy Experimental method, where this research has a control group and an experimental group. Quasy Experimental Research is research by forming two comparison groups using a Simple Random Sampling sample design or group sampling, namely random sampling of classes or groups. Based on the results of data analysis obtained from the results of hypothesis testing that was carried out in the experimental and control classes, a Sig result of 0.000 was obtained for students' cognitive learning outcomes, and Sig. of 0.001 for students' psychomotor learning outcomes, where both are less than or < α = 0.05, which means H0 is rejected, and H1 is accepted, which means there is an influence of the use of Canva-based animated video media on the learning outcomes of class IV students at SDN 1 Way Dadi, Bandar Lampung , Keywords: Animation Video Media, learning outcomes, Arts and Culture and Crafts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:15
Last Modified: 28 Jun 2024 09:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33713

Actions (login required)

View Item View Item